Data BPS: Angka Pengangguran di Jambi Naik Drastis Sejak 2014

Inilahjambi, JAMBI – Angka pengangguran di Provinsi Jambi terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat dari tahun 2014 sampai 2016 angka pengangguran terus meningkat.

Pada Februari 2014 angka pengangguran sebesar 2,50 persen dari jumlah penduduk. Sedang Februari 2015 naik menjadi 2,73 persen, hingga Februari 2016 ini sudah mencapai 4,66 persen.

Jika dikalkulasikan, jumlah pengangguran tahun 2016 sebesar 79 ribu orang. Jumlah ini bertambah 39,8 ribu orang sejak tahun 2014 silam.

Dijelaskan Kepala BPS Provinsi Jambi Dadang, Rabu 4 Mei 2016, meningkatnya jumlah pengangguran di Jambi karena dampak dari melambatnya perekonomian Provinsi Jambi diiringi menurunnya minat penduduk usia produktif untuk aktif secara ekonomi.

Selain itu, dampak kelesuan ekonomi dirasakan oleh pelaku-pelaku usaha di Provinsi Jambi terutama di Sektor Industri Pengolahan dan Sub Sektor Perkebunan, menjadikan penyerapan tenaga kerja tidak optimal.

“Meningkatnya angka pengangguran karena dampak dari melambatnya perekonomian Jambi. Selain itu, dampak kelesuan ekonomi juga dirasakan oleh pelaku-pelaku usaha di Provinsi Jambi,” jelas Dadang.

 

 

(Zalman Irwandi)

HOT NEWS