Dewan Provinsi Minta Bupati Batanghari Gelar Pilkades, Lia: Tak Ada Alasan Ditunda

Dewan Provinsi Minta Bupati Batanghari Gelar Pilkades, Lia: Tak Ada Alasan Ditunda

Inilahjambi –  Anggota DPRD Provinsi Jambi, Sapuan Ansori, meminta ke Pemerintah Kabupaten Batanghari  agar segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Dewan Provinsi Jambi asal Batanghari tersebut menyayangkan sikap Pemkab yang tidak menanggapi sama sekali jeritan masyarakatnya sendiri.

Baca juga: Rocky Chandra “Jual Sayuran” Jambi ke Menteri Senior Singapura

“Masyarakat Batanghari telah meminta agar Pemkab segera melaksanakan pilkades. Karena sekitar 60 Desa yang tersebar di Batanghari diisi oleh Pelaksana tugas (Plt). Puluhan Plt Kades tersebut adalah PNS aktif yang kesehariannya berkantor di Kecamatan,” ungkap Sapuan Ansori.

Dikatakan Sapuan, dia sudah bicara dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Ketua DPRD Kabupaten Batanghari saat MusrembangDes Kecamatan Bajubang lalu.

“Waktu Musrem Kecamatan di Bajubang hari Minggu kemaren, saya juga tanyakan itu langsung kepada Sekda dengan Ketua DPRD. Karena apabila Desa dijabat seorang Plt, otomatis pelayanan di balai desa tidak maksimal apabila Plt adalah PNS yang aktif di Kecamatan,” jelas Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi itu.

Tak hanya itu saja, mantan Kades di Mersam tersebut memaparkan bahwa
seorang Plt hanya menjalankan tugas yang bersifat sementara.Tapi mengapa Plt kades di Batanghari telah berlangsung dalam sejak tahun lalu seorang Plt dijalankan ASN aktif.

Lihat: Rocky Chandra “Jual Sayuran” Jambi ke Menteri Senior Singapura

“Ada yang sudah setahun lebih, seluruhnya di Kabupaten Batanghari 20 Desa yang sudah di Plt kan, jadi saya meminta kepada Pemkab dan DPRD tolong jangan dibawa Pilkades ini keranah pemilihan Bupati,” bebernya.

Ternyata, selain dari Dewan Provinsi Jambi saja, desakan kepada Pemkab agar segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) juga disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Batanghari, Lia.

Lia menyampaikan bahwa Dewan Kabupaten Batanghari mengharapkan agar roda pemerintahan desa harus berjalan efektif. Maka dari itu, dewan Batanghari meminta kepada Bupati untuk melaksanakan Pilkades sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) September mendatang.

“Pada dasarnya kami ingin pemerintahan desa yang efektif. Ini bisa diwujudkan apabila pemerintah desa memiliki kewenangan sepenuhnya dalam menjalankan roda pemerintahan desa,” ungkap Lia.

Pemerintah Kabupaten Batanghari, menurut Lia tidak ada alasan untuk menunda Pilkades serentak pada bulan Juni mendatang sebagaimana yang telah dijadwalkan.

“Melihat kesiapan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pilkades, rasanya tidak ada alasan untuk menunda dilaksanakannya pemilihan,” tegas Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Batanghari tersebut.

 

 

(Wandi)

Bagikan
HOT NEWS