Diminta Transparan Soal Proyek di Desa Sungai Landai, Kontraktor CV Suma Jaya Malah Tantang Warga Lapor ke PU Muarojambi

Inilah Jambi, MUARO JAMBI – Oknum kontraktor pelaksana CV Suma Jaya yang mengerjakan pembangunan dan peningkatan jalan di dusun Plengki Desa Sungai Landai,Kabupaten Muarojambi terkesan arogan.
Kesan arogan dan sombong tersebut, menurut warga di perlihatkan pria peranakan China itu saat warga mempertanyakan proyek yang sedang dikerjakannya.
Wandi, warga dusun Plengki menuturkan, pada hari Minggu(4/10) sore, sepulang dari Jambi dia melihat ada seorang pria yang sedang mengawasi jalan yang masih dalam tahap pengerjaan.
Karena sebagai warga setempat, dia sebenarnya iseng bertanya soal pekerjaan yang di kerjakan CV Suma Jaya, kok papan merek proyeknya tidak lengkap.
”Saya tanya sama dia baik-baik, kenapa tidak tertera di papan merek proyek, besaran dananya berapa, berapa kilometer yang dikerjakannya dan siapa konsultan pengawasnya. Eeh…malah dia balik yang marah kepada saya,”kata Wandi, yang saat itu di temani seorang warga lainnya.
Malah si kontraktor itu, lanjut Wandi, berkata kasar dan mengatakan apa urusan kamu. Dan, dia mengatakan untuk hal-hal tersebut dia tidak tahu menahu.
”Ini kan aneh. Kok dia tidak tau. Sedangkan saya sendiri sebagai warga setempat aja tau berapa nilai proyek dia kerjakan. Untuk besaran dana di tempat kami, nilai proyeknya sekitar Rp 1,8 milliar. Dan dia kaget. Katanya dari mana kamu tau,”jelas Wandi dengan nada jengkel.
Dan,kata Wandi lagi, saya pun tau CV Suma Jaya juga dapat pekerjaan yang sama di Desa Suka Maju.
”Dia bilang, silahkan lapor ke PU. Ini ada urusan apa sampai kami harus lapor ke dinas PU Muarojambi. Hal yang wajar sebagai warga kami bertanya soal itu. Kok malah dia blingsatan. Anehkan,”tukas Wandi.
Menanggapi permasalahan kontraktor yang enggan terbuka kepada masyarakat terkait pekerjaannya apalagi masalah nilai kontrak pekerjaan, Dewan Pimpinan Wilayah Nasional Corruption Watch Provinsi Jambi, Anwarsyah, menyayangkan sikap arogan kontraktor tersebut.
”Tidak seharusnya dia bersikap seperti itu. Apa salahnya masyarakat mengetahui hal itu. Berarti bisa jadi ada sesuatu yang disembunyikannya,”kata Anwar.
Ada niatan yang tidak baik,lanjut dia.Jika suatu hari nanti ada temuan dan keganjilan dalam proyek yang di lakukan pihak CV Suma Jaya, pihak tidak segan-segan akan melapor ke pihak yang berwajib untuk menindaklanjuti temuan mereka itu.
”Jadi janganlah berlaku arogan kepada masyarakat. Mereka bukan tidak berterima kasih tempat mereka dibangun. Tetapi, mereka juga pingin tau asal muasal proyek itu. Dan ingat, tidak semua orang,”maaf” orang dusun yang bisa di bodoh-bodohi.”tandas Anwar.(ij-ono)

Bagikan
HOT NEWS