Dinkes Sarolangun Investigasi Penyakit Aneh yang Serang Bocah SD Usai Divaksin Rubella

Bocah yang terserang penyakit aneh di Sarolangun usai disuntik vaksin rubella/penajambi.com

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Dinkes Sarolangun Investigasi Penyakit Aneh yang Serang Bocah SD Usai Divaksin Rubella


Inilah Jambi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Adnan, mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi terkait munculnya penyakit aneh yang diderita siswi kelas 1 sekolah dasar (SD) 163 Sesa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Sarolangun, Provinsi Jambi.

Bocah berjenis kelamin perempuan bernama Afifah Nur Sholehah (7 th) itu terkena penyakit aneh semacam cacar air disekujur tubuhnya usai disuntik Vaksin Rubella.

Menurut Adnan, Senin 17 September 2018, pihaknya saat ini masih menunggu hasil uji laboratorium Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi.

“Kita tunggu saja hasil uji labornya, apakah itu alergi atau bukan,” katanya singkat di sela menunggu paripurna di DPRD Sarolangun, Senin 17 September 2018, seperti dilansir penajambi.com, media partner inilahjambi.com.

Dia melanjutkan, bahwa sebelum ini anak tersebut juga sudah mengalami sakit yang serupa dan pihaknya dari puskesmas melakukab vaksin pada Agustus lalu.

Sebelumnya pihak Puskesmas Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam yang menadi pelaksana vaksinasi rubella tersebut mengatakan, pihaknya sudah melakukan investigasi ke lapangan terkait kejadian yang menimpa siswi sekolah dasar itu.

“Kami sudah melaksanakan investigasi di lapangan kemaren, bahwa anak tersebut kami berikan imunisasi pada tanggal 7 Agustus 2018,” kata Kepala Puskesmas Pematang Kabau, Usman, Minggu Malam.

Ia mengatakan menurut pengakuan ibunya korban sakit tersebut baru terjadi sekitar 2 minggu.

“Dan dulu beberapa tahun yang lalu anak tersebut pernah mengalami penyakit yang sama, tapi tidak separah saat ini.

Berdasarkan juknis pemberian dan dampak imunisasi MR dari Kemenkes RI, tidak ada seperti penyakit yang tersebut diatas,” kata Usman.

Baca juga: 

Vaksin Rubella Haram Karena Mengandung Babi, MUI: Tapi Boleh Digunakan…


Bupati Hentikan Vaksinasi Rubella di Sarolangun Pasca Jatuhnya Korban

Inilah Jambi – Pemerintah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi menghentikan untuk sementara waktu pemberian vaksin Rubella terhadap anak-anak sekolah di daerah itu.

Penghentian program nasional itu menyusul kejadian yang menimpa Afifah Nur Sholeha (7 th) siswi Sekolah Dasar 163 Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, beberapa waktu lalu.

Penghentian kegiatan ini disampaikan oleh Bupati Sarolangun, H Cek Endra, yang diposting melalui akun resmi media sosial Facebook Humas Pemkab Sarolangun baca selengkapnya 

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN