DPR Harap Jalan Tol Jambi Segera Direalisasikan

DPR Harap Jalan Tol Jambi Segera Direalisasikan

Baca juga:

Inilah Jambi – Rencana pembangunan jalan tol Jambi sebagai penghubung jalan tol Palembang, disambut baik Anggota DPR RI Fraksi Golkar, H Hasan Basri Agus (HBA).

HBA berharap jalan tol Jambi bisa segera dibangun agar Jambi tak tertinggal dengan daerah-daerah lain di Pulau Sumatera khususnya dan Indonesia umumnya.

Menurut HBA, Provinsi Jambi sudah sangat lama merindukan jalan tol. Dengan adanya jalan tol, maka akses dari dan ke Provinsi Jambi akan lebih cepat dan murah biaya transportasi. Dengan murahnya biaya transportasi barang, maka barang-barang di Jambi akan jauh lebih murah dari saat ini.

“Ini efeknya ekonomi secara makro. Rantai transportasi yang murah akan membuat barang-barang juga relatif murah,” ungkap HBA, anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Jambi ini, beberapa waktu lalu dilansir Jambiseru.com media Partner Inilah Jambi.

Selain itu, dengan terbukanya akses dari dan ke Jambi lewat jalan tol Jambi, maka selanjutnya adalah pembukaan akses jalur laut. Yakni tol laut. Untuk itu, Provinsi Jambi membutuhkan dermaga berkelas internasional agar ekspor impor bisa berjalan lancar.

“Selama ini Jambi sulit berkembang karena kita tak punya pelabuhan internasional. Padahal ini sangat penting,” tambah HBA.

Ia mengaku sudah memperjuangkan kelanjutan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung ke pemerintah pusat.

“Kita tak mau Jambi terbelakang dari daerah lain,” tutupnya.

Untuk diketahui, dilansir laman Kementrian PUPR, pemerintah RI saat ini terus menggenjot pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera.

Kehadiran jalan tol bertujuan mempercepat mobilitas barang dan jasa antar pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan membangun keterkaitan antara pusat produksi (kawasan industri, pertambangan, perkebunan, pariwisata) dengan outlet-outlet (pelabuhan/bandara) di Pulau Sumatera sehingga mendorong pengembangan wilayah.

Sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Tol Sumatera merupakan tulang punggung (backbone) pengembangan wilayah di Sumatera yang terdiri dari 6 Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) di Pulau Sumatera.

Yakni Sabang-Banda Aceh-Langsa, Medan-Tebing Tinggi-Dumai-Pekanbaru, Batam-Tanjung Pinang, Sibolga-Padang-Bengkulu, Jambi-Palembang-Pangkal Pinang-Tanjung Pandan dan Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api-Api.

 

(*/)

Bagikan
HOT NEWS