Jalan Tol Jambi – Rengat, Begini Progres Perencanaannya

Jalan tol Jambi Rengat

Jalan tol Jambi Rengat

Jalan Tol Jambi – Rengat, Begini Progresnya…

Jalan Tol Jambi-Rengat Sepanjang 190 Kilometer Telan Biaya Rp25,363 Triliun

Baca juga:

Inilah Jambi – Rencana Pemerintah Pusat untuk membangun Jalan Tol Jambi – Rengat di Provinsi Riau, belum ada kejelasan sampai hari ini.

Berdasarkan keterangan di laman KPPI (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas), masih terurai jelas skema pembangunan yang sedianya akan dimulai pada 2019 lalu.

Proyek yang bernama Jalan Tol Jambi – Rengat sepanjang 190 km ini merupakan bagian dari Trans Sumatera.

Investasi total yang akan digelontorkan dalam pembangunan jalan Tol Jambi ini yakni Rp 25.363 Triliun yang bersumber dari APBN dan APBD.

Skema pendanaan Jalan Tol Jambi ini melalui penugasan BUMN dengan penanggung jawab proyek adalah Hutama Karya.

Rencana pembangunan Jalan Tol Jambi -Rengat yang sudah dinanti-nanti ini ditargetkan selesai pada 2023.

Sayangnya hingga kini belum ada kejelasan progres rencana pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat ini sejak Presiden Jokowi menyetop sementara rencana strategis pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat pada April 2018 lalu.

Selain Jalan Tol Jambi-Rengat yang masuk dalam bagian Trans Sumatera, rencana pembangunan jalur kereta api Jambi -Pekanbaru di Provinsi Riau, dan Jambi-Palembang di Sumatera Selatan juga tidak mendapatkan kejelasan sejak distop pada tahun yang sama.

(*/)

Baca juga:

Jalur Kereta Api di Jambi Batal Dibangun, Kadishub Varial Adhi Putra: Sangat Kita Sayangkan…

Inilahjambi – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra, mengaku sudah mendapat informasi tentang pembatalan pembangunan jalur kereta api Palembang-Jambi oleh Presiden Jokowi. Namun dirinya belum menerima surat atau pemberitahuan resmi dari kementerian.

“Kita belum menerima keputusan resmi dari Kemenhub berkaitan dengan informasi pembatalan pembangunan jalur rel kereta api Palembang-Jambi. Namun kalau itu benar terjadi, sangat disayangkan,” kata Varial melalui pesan whatapps, menjawab inilahjambi, Selasa 17 April 2018.

Menurut Varial, pihaknya tetap akan menunggu rilis resminya dari Kemenhub. Sebab berdasarkan informasi yang diterimanya, Biro Perencanaan Kemenhub juga masih menunggu hasil notulen rapat baca selengkapnya 

 

INFORIAL