Sssstt, Wacana Tes Keperawanan ala Anggota DPRD Provinsi Jambi Rupanya Disorot Media Asing

Inilahjambi, JAMBI – Wacana tes keperawanan yang dicuatkan oleh anggota DPRD Provinsi Jambi Bambang Bayu Suseno 5 tahun lalu ternyata menjadi sorotan media asing.

Media Australia, Sydney Morning Herald, mengutip Jakarta Post pada September 2010 lalu, memberitakan pernyataan Bambang Bayu Suseno.

Menurut media tersebut, anggota parlemen di Provinsi Jambi ini mengusulkan tes keperawanan bagi siswi yang akan masuk ke SMA.

Suseno, tulis media itu, percaya siswi yang akan dites keperawanannya saat masuk sekolah akan menjaga diri mereka dari perbuatan amoral, jika ingin tetap lulus tes sekolah.

Media ini menyitir dan mengakaitkan ide tersebut dengan norma masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim.

“Idenya sederhana. Orang tua jelas takut putri mereka ‘dirogol’ sebelum waktunya tiba. Jadi sebelum mereka melanjutkan studi, mereka dapat menjalani tes keperawanan dan secara otomatis melindungi martabat mereka,” kata Bayu saat itu kepada The Jakarta Post dan dikutip media Australia ini.

Lima tahun lalu, sebuah koran lokal di Jambi menuliskan pernyataan Bambang Bayu Suseno tentang tes keperawanan bagi siswa.

Berita singkat yang berawal dari percakapan biasa ini sontak membuat geger. Jaringan koran lokal tersebut di Jakarta mengutip berita heboh itu. Meski tidak menjadi berita utama (headline), namun pemuatannya di sejumlah media cetak berada di halaman utama (depan).

Sahut-menyahut dan berbagai komentar sambung-menyambung menjadi wacana, ada yang pro dan tidak sedikit yang kontra. Media online yang saat itu belum seheboh sekarang juga saling kutip, hingga sampai ke luar negeri.

Perlahan, wacana yang sebenarnya tidak serius tapi ditanggapi dengan berapi-api oleh oleh kaum moralis dan pihak-pihak lainnya ini hilang.

 
(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN