Film Kesaksian Mantan Anggota Tjakrabirawa, “Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!”

Inilahjambi – Sejumlah mantan anggota Tjakrabirawa, Pasukan Pengawal Presiden Soekarno yang terlibat dalam Gerakan 30 September 1965, membuat sejumlah pengakuan mengejutkan.

Tiga eks-Cakrabirawa asal Purbalingga, Jawa Tengah itu berkisah bagaimana kejadian di malam tragedi itu dan hari-hari setelahnya. Beberapa tokoh dalam film bahkan mengaku tidak mengetahui dan tidak pernah terlibat dalam komunisme aau PKI di Indonesia.

Pengakuan tersebut disampaikan dalam sebuah film dokumenter yang berjudul “Kami Hanya Menjalankan Perintah, Jenderal!”. Film yang disutradarai Ilman Nafai dan diproduksi oleh Gerilya Pak Dirman Film tersebut berhasil keluar sebagai Film Terbaik dokumenter SMA FFP 2016 pada Festival Film Pelajar Jogja 2016.

Film ini bahkan menyabet Film Terbaik kategori Apresiasi Film Dokumenter Pelajar/Mahasiswa Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016.

Berikut cuplikan-cuplikan pengakuan mantan pasukan elit ini.

“Mendapat kehormatan mengawal seorang proklamator adalah sebuah kebanggaan bagi saya…”

“Mengawal Presiden bagi saya adalah tugas mulia itu adalah doktrin Tjakrabirawa…”

Film ini ditampilkan sebagai upaya menampilkan prespektif  lain tentang Gerakan 30 September PKI


(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!