‘Gaskeun’… Kapolres Merangin yang Baru Amankan Belasan Pelaku PETI

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnawarman saat memberikan paparan/Ist

‘Gaskeun’… Kapolres Merangin yang Baru Amankan Belasan Pelaku PETI

Inilah Jambi – Entah ingin menunjukkan keseriusannya dalam bekerja atau sebatas gertakan di awal saja, yang jelas belum genap sebulan ia sudah menangkap belasan pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Iya, dia adalah AKBP Irwan Andy Purnawarman yang tak lain sebagai Kapolres Merangin yang baru. Empat belas hari belakangan mengamankan 11 pelaku PETI, ada yang beperan sebagai pemilik lahan, pekerja, hingga pembeli emas illegal tersebut.

Dalam konferensi pers-nya, Rabu pagi (9/9) sekitar pukul 09.00 WIB, Kapolres AKBP Irwan Andy Purnawarman, mengatakan pelaku perusakan lingkungan itu ditangkap di tempat yang berbeda.

Sepuluh orang diamankan di wilayah Dusun Padang Lalang, Desa Biuku Tanjung, Bangko Barat.

“(Pelaku) SP, PJ, DD, MR, JB, SN, IS, AK dan RY merupakan pekerja, sementara IS sebagai pemilik lahan yang juga pengawas pekerja turut kita amankan,” ungkap AKBP Irwan.

Sementara Barang Bukti (BB) yang diamankan diantaranya dua karpet yang diduga berisikan mineral emas, satu potongan selang air, satu dulang, dua cangkang, dua parang, satu temilang, satu engkol, satu unit sepeda motor jenis Honda Mega Pro, dan satu cangkul.

Baca juga:

Kemudian MW, kurir sekaligus pembeli emas hasil PETI ini ditangkap di jalan Desa Kapuk, Kecamatan Tabir.

“Beserta barang bukti emas seberat 29 gram dan satu unit kendaraan Hilux yang turut kita amankan,” kata Kapolres.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku dikenakan pasal 161 UU RI No.3 Tahun 2020 perubahan UU RI No.4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

 

(Rhomadan Cerbitakasa)

Bagikan
HOT NEWS