Hadiri Acara PPDI Kabupaten Batang Hari, MFA: Perangkat Desa Harus Move On

Inilahjambi- Bupati Batanghari M. Fadhil Arief SE, usai menghadiri kegiatan pengukuhan Persatuan Perangkat Desa Indonesia ( PPDI ) Se-Kabupaten Batang Hari yang berpusat di Gedung Pemuda Muara Bulian mengatakan  kepada sejumlah awak media bahwasanya, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak telah selesai, dengan demikian dirinya meminta kepada  seluruh perangkat Desa yang menghadiri acara PPDI  sudah semestinya move on.

“Saya menghimbau kepada seluruh Perangkat Desa, pilkades telah usai maka untuk itu semua harus bisa move on kepada Kepala Desa terpilih, suka atau tidak suka itu merupakan pilihan rakyat, intinya tetap bekerja secara profesional dan memahami aturanyang sudah ditetapkan,” ucap Fadhil Arief usai acara PPDI kepada awak media. Senin, (08/11/2021).

Fadhil memaparkan, untuk Kepala Desa terpilih saat ini jelas mereka belum mengetahui regulasi aturan yang ada di PPDI, hal ini jelas selaku orang Nomor Satu di Batang Hari dengan demikian dirinya akan berikan bimbingan dan pelatihan sebelum dan sesudah mereka resmi di Lantik.

“Untuk kepala Desa terpilih bisa saja mereka  merotasi, mutasi dan demosi bagi perangkatnya, namun semua itu tetap harus di nilai dari kinerja dan loyalitas terhadap Kepala Desa dan disesuaikan dengan aturan dan  mekanisme yang ada sesuai Undang-undang yang ada,” papar MFA.

Kemudian saat salah satu awak media menanyakan terkait kapan pelantikan  Kepala Desa  terpilih, Bupati Fadhil menjelaskan, saat ini bagi Kepala Desa terpilih sedang dalam proses mulai dari pleno Badan Pemusyawaratan Desa ( BPD ), hingga diteruskan ke pihak kecamatan.

“Untuk masalah kapan akan dilakukan pelantikan Kepala Desa terpilih itu sedang dalam proses, yaitu mulai dari proses Pleno BPD dilanjutkan ke pihak Kecamatan, hingga diproses ke kabupaten, yang pastinya segera kita lantik setelah diterbitkan SK-nya,” jelas Fadhil Arief.

“Kemudian untuk Desa yang mengikuti Pilkades serentak kemarin jika  masih ada dalam permasalahan, tentu kita akan tunggu keputusannya dan yang tidak ada permesalahan sesegera mungkin kita akan Lantik Kades terpilihnya, kalau tidak ada halangan pelantikan serentak kepala desa terpilih di jadwalkan pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang,” tutup MFA.

Sementara itu, Ketua PPDI Provinsi Jambi Muhamad Nuh, SE,  sekaligus sebagai Sekdes Desa Jebak, Kecamatan Muara Tembesi, saat diwawancarai sejumlah awak media mengatakan, ada beberapa  agenda pokok yang akan di laksanakan, yakni Musda Pemilihan Ketua PPDI Kabupaten Batanghari dan pengukuhan kepengurusan PPDI di Tiga Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Batang Hari.

“Sebelumnya kepengurusan PPDI kecamatan yang lainnya sudah terbentuk, mengingat saat itu kondisi masih dalam penyebaran virus Covid-19, maka kita tidak melaksanakan kegiatan apa apa dan Alhamdulillah, sekarang semua kepengurusan di delapan kecamatan yang ada semuanya terbentuk sehingga kita lakukan musda pembentukan pengurus PPDI kabupaten,” ” pungkas M. Nuh.

 

Reporter: Erpan

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.

Tinggalkan Balasan

SOROTAN