Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi akan Segera Dibentuk

Inilahjambi- Pengurus wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi akan segera dibentuk dalam waktu dekat.

Mandat pendirian IWO telah dikirim oleh IWO Pusat kepada jurnalis Nurul Fahmy dari inilahjambi.com dan Hery Fr dari Jambidaily.com.

“Mandat sudah kami terima pada 4 Mei 2017 lalu dari IWO Pusat, saat ini kami tengah menyusun kepengurusan dengan membentuk panitia pemilihan,” kata Fahmy didampingi Hery Rawas beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, calon anggota sesuai AD/ART IWO yakni wartawan media cyber (online) yang ada di Provinsi Jambi. Setiap calon anggota harus memiliki surat rekomendasi dari pemimpin redaksi media yang bersangkutan dan memiliki legalitas prinsip seperti ID Cards,” jelas Fahmy, Senin 15 Mei 2017.

Jurnalis Inilahjambi.com ini mengatakan, IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

Selain itu, niatnya bersedia menerima mandat dari IWO lebih menjawab dinamika yang terjadi ditengah wartawan media oOnline di Jambi.

“Setelah melihat AD/ART IWO, saya optimis, melalui IWO akan berperan dalam peningkatan SDM anggotanya, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum dan kesejahteraan,” jelasnya.

Fahmy kemudian juga menyampaikan perkembangan setelah pihaknya diketahui menerima mandat dari IWO Pusat.

“Luar biasa, respon rekan-rekan cukup tinggi, antusias dan siap bergabung. Sampai saat ini saja sudah 70 orang calon sudah menyatakan dirinya siap bergabung, mereka berasal dari 35 media online. Untuk itu melalui publikasi ini kita tetap membuka pintu kepada rekan-rekan lainnya untuk bergabung, baik yang di Kota Jambi sendiri maupun kabupaten/kota di Provinsi Jambi,” ajak Fahmi.

Ketua Pelaksana Suksesi IWO Jambi Armand Mandaloni menyampaikan jadwal pertemuan calon pengurus IWO Jambi.

“Bila tidak ada halangan, Jumat 19 Mei 2017 ini, kita gelar rapat pembentukan pengurus, bersama calon anggota sekaligus penetapan pengurus, selanjutnya diusulkan ke IWO Pusat untuk di SK-kan, mohon doanya, undangan menyusul,” jelasnya.

Oleh karenanya pada hari Jumat, bertempat di Tempoa Inn di kawasan Jelutung, Kota Jambi dilaksanakanlah Suksesi IWO Jambi dalam rangka pemilihan Ketua IWO Jambi dan membentuk struktur kepengurusan serta langkah-langkah yang akan dijalankan untuk kedepannya.

Masih menurut Armand, diadakannya kegiatan ini adalah merupakan tindak lanjut dari IWO Pusat yang memberikan surat mandat agar segera dibentuk kepengurusan IWO Jambi.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dan harapannya semoga IWO ini nantinya dapat menjaga kekeluargaan dan juga bisa menjadi wadah untuk memberdayakan Wartawan Online yang menjadi acuan Informasi,” kata Jurnalis Kajanglako.news ini saat ditemui di Kantornya, Senin 15 Mei 2017.

Lanjutnya, pada pertemuan pertama ini kita akan membentuk Ketua IWO dan Tim Formatur untuk membentuk susunan kepengurusan.

“Namun kita ingin IWO Jambi ini dapat berjalan dan bersungguh sungguh. Dan kita ingin ada sesuatu yang dihasilkan ada pertemuan kali ini dan harus ada pertemuan lanjutan kedepannya,” tegasnya.

Diketahui IWO dideklarasikan di Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada 8 Agustus 2012 oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IWO Kresna Budhi Chandra pemilik jurnalfoto.com.

Sejak April 2017 ini, Ketua Umum IWO Pusat dijabat oleh Jodhi Yudono, editor Kompas.com dengan Sekretaris Jenderal, Witanto dari penaone.com.

 

 

 

(Sumber: Sindikasi Media Online Jambi)

HOT NEWS