Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi, Beri Pelatihan Jurnalistik di Universitas Batanghari (Unbari)

IKATAN WARTAWAN ONLINE

Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi, Beri Pelatihan Jurnalistik di Universitas Batanghari (Unbari)


Inilah Jambi– Ikatan Wartawan Online  (IWO) Provinsi Jambi adakan Pelatihan Bersama Puluhan Jurnalistik Pers Mahasiswa dengan Tema “Pusat Media Siber Dalam Melayani Integritas Bangsa” bertempat di Kampus Universitas Batanghari ( Unbari) Saptu, 8 September 2018.

Pelatihan dilakukan sebagai salah satu bentuk nyata dari eksistensi Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi melakukan kolaborasi dengan Forum Pers Mahasiswa Jambi, yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Patriotik Universitas Batanghari (Unbari).

Diskusi mengenai pemahaman hingga cara menyajikan tulisan atau berita dalam media online menjadi topik pembicaraan dan pertanyaan dari para Pers Mahasiswa (Persma). Pasalnya, produk sebagian dari Persma sendiri kini sudah beralih ke Media Online, yang dulunya masih cetak tabloid atau majalah.

Ketua IWO Provinsi Jambi, Nurul Fahmy  di  hadapan puluhan Pers Mahasiswa menyampaikan perkembangan teknologi membawa pengaruh dalam berbagai hal, salah satunya media pemberitaan.

“Dunia jurnalistik kini telah banyak bergeser dari media cetak ke media online. Produk Persma yang awalnya berkarya melalui media cetak, kini mulai beralih kepada media online” katanya.

Diskusi yang berlangsung selama lebih dari dua jam ini, diikuti oleh sejumlah Persma di Jambi yakni, LPM Patriotik Unbari, Genta FKIP Unja, LPM Amanah UIN Sultan Thaha Jambi dan Jampink Stikom Dinamika Jambi, dengan Pemateri Ketua IWO Provinsi Jambi, Nurul Fahmy dan Sekretaris IWO, Erwin Majam.

Selama diskusi berlangsung, para Mahasiswa terlihat sangat antusias pada sesi tanya jawab. Pengurus IWO Provinsi Jambi mengeksplor pengalaman dan pemahamannya tentang teknik penulisan berita di Media Online dan menjelaskan bagaimana Persma mempunyai karakter untuk menjadi Jurnalis Profesional.

Nurul Fahmy menyampaikan bahwa Pers Mahasiwa juga berkesempatan untuk menjadikan Jurnalis Profesional setelah lulus dari perkuliahan. Memulai karir di Perkuliahan, Persma yang dituntut untuk menulis menjadi bekal tersendiri sebagai mahasiswa, bukan hanya untuk menulis berita, minimal untuk membuat Skripsi.

“Media online dapat dijadikan pembelajaran dan kedisiplinan ilmu bagi Persma untuk memasuki lingkungan kerja nantinya. Tetap eksis berkarya, konsisten menulis, dan terus belajar ilmu-ilmu Jurnalistik,” pesan Kepengurusan IWO kepada Para Mahasiswa yang menggeluti Ilmu Jurnalistik di Kampus masing-masing.

Sementara itu, Pengagas Diskusi  Jurnalistik Wahyu Jati mengatakan,  tujuan kegiatan ini mengajak Pers Mahasiswa untuk belajar tentang profesi Kewartawan serta pengelolaan Media.
“Kami ingin mengajak Kawan-kawan Persma di Jambi untuk memahami lebih jauh tentang profesi wartawan,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama denga. kepengurusan IWO Provinsi Jambi dan diharapkan juga kedepannya nanti mampu meningkatkan kerjasama Jurnalis dan Mahasiswa, khususnya dalam bidang Jurnalistik, sehingga mampu memperluas pengetahuan dan wawasan di berbagai bidang lainnya.

Baca juga:

***

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN