Ini 9 Nama Bacaleg Jambi Tahun 2019 Bekas Koruptor Hasil Identifikasi Bawaslu RI

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Ini 9 Nama Bacaleg Jambi Tahun 2019 Bekas Koruptor Hasil Identifikasi Bawaslu RI


Inilah Jambi– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, mengidentifikasi 9 nama terpidana korupsi dari Jambi yang ikut sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dalam pemilihan legislatif 2019 ini.

Sembilan orang terpidana korupsi itu menempatan Jambi sebagai daerah paling banyak yang bacalegnya pernah tersangkut kasus rasuah, baik di provinsi maupun kabupaten/kota.

Berikut nama-nama bacaleg sesuai identifikasi Bawaslu RI, yang berkasnya beredar luas di kalangan wartawan di Jakarta, dan diterima inilahjambi, sejak Kamis 26 Juli 2018.

1. Idham kholid,ME (Partai PKB)
2. Ir.H.Syahrasaddin.M.Si (Partai
Golkar)
3. Ridwan,SE (Partai Berkarya)
4. Drs.A.Mukti Sa’ari (Partai Berkarya)
5. Mapangara Haka (Partai Berkarya)
6. H.Abdul Fattah,SH (Partai PAN)
7. A.Harris AB,SE,MM (Partai
Demokrat)
8. Irmanto,S (Partai Demokrat)
9. Nasrullah Hamka (Partai PBB)

Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin dan Fachrul Rozi belum menanggapi konfirmasi inilahjambi, terkait nama-nama bacaleg tersebut. Keduanya mengaku sedang rapat  dan bimbingan teknis.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi melarang mantan narapidana kasus korupsi alias koruptor untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019.

Dikutip dari laman resmi KPU RI, di Jakarta, Ketua KPU RI Arief Budiman telah menetapkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota pada Sabtu.

PKPU tersebut juga mengatur larangan eks koruptor berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019, yang mana poin itu tertera pada Pasal 7 Ayat 1 huruf h, berbunyi “Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi”.


Baca juga:

PAN Gamang Coret Abdul Fattah dari Daftar Bacaleg 2019

Inilah Jambi – Partai Amanat Nasional (PAN)  gamang mencoret nama Abdul Fattah dari daftar bakal calon anggota legislatif DPRD Provinsi Jambi pada pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang. Padahal Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku telah meneken pakta integritas bersama KPU dan Bawaslu agar tak mendaftarkan caleg-caleg berlatar belakang koruptor.

“Kita sudah tanda tangan pakta integritas kita dengan Bawaslu dan KPU. Tidak menerima caleg korup. Walaupun MA begitu, kita tetap,” kata Zulkifli usai pembekalan caleg Pemilu 2019 di Hotel Paragon, Jakarta Pusat, Minggu 16 September 2018.

Kegamangan PAN terhadap bekas Bupati Batanghari Abdul Fattah dan 3 bekas bacaleg napi korupsi di daerah pemilihan lain, tampak dari pernyataan Ketua Umum Zulkifli Hasan ketika ditanya perihal 4 orang tersebut baca selengkapnya

 

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN