Inilah…7 Penjaga Gawang yang Jago Membendung Penalti

Inilahjambi, JAKARTA – Hukuman tendangan penalti kerap menyulitkan penjaga gawang karena posisi bola berada tepat di mulut gawang tanpa dihalangi pemain lain. Untuk itu penjaga gawang diwajibkan memiliki refleks tubuh yang baik untuk membaca arah bola dengan cepat. Refleks tubuh itu juga ditunjang kemampuan melompat dan menangkap bola dengan tepat.

Namun, tidak semua penjaga gawang memiliki kemampuan khusus menggagalkan tendangan penalti yang kerap berbuah gol. Berikut tujuh penjaga gawang yang jago menggagalkan tendangan penalti dilansir dari Marca:

1. Keylor Navas
Penjaga gawang Kosta Rika dan Real Madrid, Keylor Navas, telah menggagalkan dua penalti untuk negara dan klubnya. Navas juga menjadi pahlawan kala Kosta Rika mengalahkan Yunani 5-3 di Piala Dunia Brasil 2014.

2. Jean-Francois Gillet
Jean-Francois Gillet adalah penjaga gawang klub Belgia, Mechelen, yang menggagalkan tiga tendangan penalti dalam satu laga yang berakhir imbang 1-1 melawan Anderlecht pekan lalu.

3. Diego Alves
Diego Alves memiliki rekor penjaga gawang terbaik di Liga Spanyol. Kiper Valencia dan timnas Brasil ini berhasil menggagalkan 19 dari 40 tendangan penalti atau hampir 50 persen tendangan yang dihadapi.

4. Iker Casillas
Mantan kapten Real Madrid ini sudah sering memenangi duel adu penalti seperti melawan Italia dan Prancis pada Piala Eropa 2008 dan 2012. Ia juga menghentikan sepakan 12 pas Lucas Barrios kala menyingkirkan Paraguay pada Piala Dunia 2010.

5. Adrian San Miguel
Penjaga gawang West Ham kelahiran Andalusia ini memiliki julukan “Raja Penalti” di Inggris karena sering menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti.

6. Tim Krul
Tim Krul yang bermain dari bangku cadangan membawa Belanda mengalahkan Kosta Rika dalam duel adu penalti pada Piala Dunia Brasil 2014.

7. Jerzy Dudek
Nama Jerzy Dudek tidak akan pernah hilang dalam ingatan fan Liverpool karena mengantarkan The Reds mengalahkan AC Milan lewat adu penalti untuk menjadi juara Liga Champions 2005 di Istanbul.(ij-ono)

Bagikan
HOT NEWS