Jaga Berat Badan Ideal Selepas Ramadan dengan Minum Air Lemon

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Jaga Berat Badan Ideal Selepas Ramadan dengan Minum Air Lemon


Inilah Jambi – Tak terasa bulan Ramadan akan telah berakhir. Itu tandanya, bagi umat muslim yang selama sebulan terakhir menjalankan puasa, ini akan kembali ke aktivitas biasa yang tak lagi berpuasa. Sadar atau tidak, kembali ke aktivitas semula akan membuat kita sangat rentan terhadap pola makan yang buruk.

Berat badan pun bisa bertambah dengan sangat pesat selepas Ramadan apalagi pada saat hari raya idul fitri. Ada banyak sajian makanan lezat yang dihidangkan di rumah sendiri atau di rumah kerabat juga sahabat yang didatangi untuk melakukan silaturahmi.

Memang, menjaga berat badan ideal selepas Ramadan bukanlah perkara yang mudah. Tapi Ladies, selama niat menjaga berat badan itu dilakukan dengan istiqomah dan diniati dengan sungguh-sungguh, itu bukan perkara sulit.

Dikutip dari laman stylecraze.com, ada beberapa minuman alami yang bisa bantu kita menekan nafsu makan dan menjaga berat badan agar senantiasa di berat ideal. Salah satu minuman tersebut adalah air lemon.

Rutin konsumsi air lemon hangat selepas bangun tidur dipercaya bisa membakar lemak berlebih dalam tubuh. Minuman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sumber energi. Kandungan nutrisi juga vitamin C yang terkandung di dalam lemon menurut ahli sangat baik untuk menyeimbangkan pH asam lambung.

Selain bisa bantu menjaga berat badan ideal atau bahkan menurunkan berat badan, air lemon juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit, antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit mematikan dan menyehatkan sistem pencernaan.

Well Ladies, buat kamu yang ingin berat badan selalu dalam kondisi ideal, jangan lupa buat rutin minum air lemon ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Baca juga:

Doa Doa Menyambut Ramadan dan Awal Puasa

Inilah Jambi – Ramadan sudah di depan mata. Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan 1441 H jatuh pada 24 April 2020.

Sebagai muslim yang beriman, kita patut berbahagia bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat itu.

Bukan sekedar bahagia, kita sepatutnya memanjatkan doa doa kepada Allah agar diberkahi dan puasa berjalan khusyuk serta mendapat keutamaan nilai-nilai ibadah.

Diriwayatkan dari Ahmad, hadis nomor 2346 dan 2387, bahwasanya Nabi Muhammad biasa berdoa di bulan Rajab untuk menyambut Ramadan.

Berikut doa utama menyambut Ramadan dan berpuasa:

1. Doa menyambut Ramadan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona.

Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa di bawah ini.

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

Perlu diketahui sebenarnya tidak ada doa khusus untuk menyambut bulan Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw maupun para sahabat, akan tetapi para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Mereka mengungkapkannya dengan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan.

Semoga bacaan doa menyambut bulan Ramadhan lengkap beserta terjemahnya diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.

2. Doa hari pertama Ramadan 

Baca selengkapnya 

***

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN