Jahe Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya

Jahe merah cegah virus coona

Jahe merah

Jahe Bisa Cegah Virus Corona?

Baca juga:

Inilah Jambi – Harga jahe kini melambung tinggi. Jika sebelumnya harga jahe perkilo hanya Rp20 ribu, kini hargnya sudah menembus Rp 50 ribu.

Di beberapa daerah harga jahe bahkan menemus Rp 70 ribu dari harga sebelumnya yang Rp40 ribu perkilo.

Naiknya harga jahe ini merupakan imbas tingginya permintaan jahe pasca-merebaknya virus corona di Indonesia. Jahe disebut-sebut mampu menangkal serangan virus corona pada manusia.

“Karena harga dari distributornya naik. Ya kita juga ikut menaikan harganya, kita juga ga mau rugi,” kata seorang penjual di Pasar Rangkasbitung Teti seperti diberitakan Bantenhits.com-jaringan Suara.com pada Jumat 6 Maret 2020.

Benarkan jahe dapat mencegah penyebaran virus corona? Belum ada hasil penelitian resmi yang menyatakan itu. Namun faktanya jahe sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia.

Beberapa manfaat jahe merah khususnya bagi kesehatan manusia yakni:

1. Jahe Merah mampu menghangatkan tubuh
Kandungan gingerol yang dimiliki jahe merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan begitu, badan akan terasa lebih hangat, apalagi jika dikonsumsi pada musim hujan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ekstrak jahe merah mampu mencegah dan membunuh bakteri yang berbahaya di dalam tubuh. Sehingga, efeknya dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

3. Mengatasi Sakit Kepala
Gingerol dan zat kafena yang memberikan efek hangat pada tubuh, ternyata mampu mengatasi sakit kepala. Pasalnya, saat mengonsumsi jahe merah, pembuluh darah akan melebar dan melancarkan aliran darah ke kepala.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan
Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, tanaman obat tersebut juga ampuh mengatasi masalah pencernaan. Hal itu disebabkan karena kandungan yang ada dalam ekstrak jahe merah, bisa melindungi pencernaan dari bakteri.

Zat aktif pada tanaman ini juga mampu mencegah produksi enzim yang memicu radang lambung.

5. Mengatasi Mual dan Meningkatkan Nafsu Makan
Jahe merah bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi gas di dalam lambung yang memicu rasa mual. Apabila rasa mual sudah berkurang, nantinya nafsu makan akan kembali meningkat.

6. Menurunkan Berat Badan
Suplemen diet biasanya menggunakan jahe merah sebagai bahan campurannya. Mengonsumsi pil ekstrak jahe merah akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan mampu membakar kalori.

7. Meredakan Batuk
Jahe merah mampu meredakan batuk. Sebab, dengan adanya kandungan minyak esensial yang dimiliki tanaman obat tersebut sangat berperan aktif untuk penyembuhan batuk.

8. Mengatasi Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan bisa terjadi karena disebabkan infeksi virus atau bakteri. Beragam zat yang dimiliki jahe merah dipercaya bisa mengatasi penyakit tersebut.

9. Menjaga Jantung
Kolesterol dan trigliserida menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung. Dengan konsumsi jahe merah secara rutin, ternyata dipercaya mampu menurunkan kadar masalah kesehatan tersebut.

 

(*/)

 

 

INFORIAL