Jalan Rabat Beton Desa Sengkati Kecil, Batanghari, Asal Jadi?

Inilahjambi, BATANGHARI – Kuat dugaan pekerjaan proyek pembangunan jalan rabat beton sepanjang 2.370 meter di Desa Sengkati Kecil Kecamatan Mersam, Kabupaten asal jadi. Pengerjaan proyek pembangunan ini bersumber dari dana ADD dan DD tahun 2015 lalu sebesar Rp400 juta.

“Ya, jalan rabat beton yang dikerjakan oleh tim pelaksanaan kegiatan (TPK) pada tahun lalu tidak sesuai spek dan asal jadi. Seperti tinggi badan jalan tidak sesuai volume dan sesuai didalan dokumen dan RAB pembangunan desa setempat,” kata warga setempat yang enggan namanya disebut, Senin.

Ia mengatakan, kenyataan di lapangan proyek pembangunan rabat beton juga banyak penyelewengan anggaran. Seperti tidak dikerjakannya penimbunan bahu jalan, sementara di dalam RAB penimbunan itu dianggarkan.

“Termasuk upah dalam penimbunan bahu jalan tersebut ada di dalam RAB, namun pekerjaan ini fiktif,” ujarnya.

Lukman Fadhil, Ketua LSM Pemantau Peduli Aset dan Keuangan Negara (P2AKN) mengatakan, terkait dengan masalah proyek jalan beton di desa sengkati kecil ini sudah di laporkan kepihak Kejaksaan.

“Saya sudah melaporkan hal ini ke kejaksaan dan dalam laporan ini diduga adanya unsur mark up pada pembelian material dalam pembangunan proyek tersebut dan lainnya,” kata Lukman, senin 27 September 2016.

Sementara itu, dalam pekerjaan yang dilakukan oleh TPK tidak memenuhi standar kelayakan mutu sebagaimana yang di amanahkan dalam undang-undang nomor 18 tahun 1999, tentang jasa konstruksi bangunan jalan beton tersebut.

Di samping itu, hingga berita ini disiarkan, Kades Sengkati Kecil, Syamsul Bahri belum dapat dimintai keterangan terkait persoalan dugaan pembangunan jalan beton asal jadi ini. Ketika dihubungi via ponselnya tidak ada jawaban.

 

 
(Syahreddy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN