Jokowi Hari ini Bertolak ke Paris Bicara Soal Lahan Gambut Indonesia

Inilahjambi, JAKARTA – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Widodo hari ini bertolak ke Paris, Prancis. Jokowi akan menghadiri KTT Perubahan Iklim atau Conference of the Parties (COP) 21.

Jokowi akan berangkat meunju Paris dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jaktim pada pukul 09.00 WIB, Minggu 29 November 2015. Sebelum bertolak, Jokowi akan menggelar jumpa pers.

Dijadwalkan Jokowi bersama rombongan akan tiba di Paris pada pukul 21.00 waktu setempat. Pesawat presiden akan mendarat di Bandara Internasional Le Bourget, Paris.

Di Paris, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin dunia. Tetapi karena sebelumnya di KTT G20 dan KTT ASEAN sudah dilakukan, pertemuan bilateral mungkin tidak terlalu mendominasi agenda Presiden.

Menlu Retno Marsudi dalam wawancara Jumat mengatakan, Jokowi akan mendapatkan kesempatan sekitar 5 menit untuk berpidato sama seperti pemimpin dunia lainnya. Dalam pemaparannya nanti, Jokowi akan mengungkapkan posisi Indonesia.

“Pertama adalah pemberian political support. Terus kemudian kita juga menjelaskan mengenai posisi strategis Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan yang terbesar tetapi kita juga pada posisi yang secara geografis yang rentan terhadap perubahan iklim,” ujar Retno.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan dalam pertemuan COP21 pada 30 November-1 Desember, Jokowi akan menjabarkan mengenai kondisi lahan gambut di Indonesia. Sudah seharusnya hutan Indonesia kembali menjadi paru-paru dunia.

 

 

(Muhammad Ikhlas)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!