Kerinci Hilir Tak Jadi Otonom Baru, Warga Pertanyakan Komitmen Bupati Adirozal

Kerinci Hilir Tak Jadi Otonom Baru, Warga Pertanyakan Komitmen Bupati Adirozal

Inilahjambi – Masyarakat Kerinci mempertanyakan komitmen Bupati Adirozal memperjuangkan percepatan pemekaran Kerinci Hilir menjadi Daerah Otonom Baru (DOB).

Komitmen Bupati Adirozal dipertanyakan lantaran Kerinci Hilir tidak masuk dalam daftar Daerah Otonom Baru (DOB) tahun ini yang beredar di media sosial.

Baca juga: Tagih Janji Kampanye Adirozal, Warga Keluhkan Kondisi Jalan Pungut Mudik- Renah Pemetik

Jika bupati menginginkan seperti itu, tentu menjadi tanda tanya. Sebab, pemekaran Kerinci Hilir merupakan program unggulan Bupati Adirozal.

“Pada tanggal 26 Februari 2018 Bupati melalui akun sosialnya menuliskan beberapa program unggulannya menuju Kerinci berkeadilan,” kata Mulyadi kepada Inilah Jambi, Selasa 18 Februari 2020.

Adapun program unggulan Bupati Adirozal, yakni, beasiswa Kerinci cerdas, lapangan kerja, jalan ke ladang, pemekaran Kerinci Hilir, kesehatan berkualitas, desa wisata, pemberdayaan desa, pesantren penghafal Al-Qur’an, pertanian semakin maju dan nikah gratis.

“Pemekaran suatu daerah kita sangat sepakat karena menguntungkan masyarakat. Makanya Kerinci Hilir jauh-jauh hari sudah berupaya untuk dimekarkan dalam rangka untuk mensejahterakan masyarakat dan APBD bisa bertambah masuk ke Kerinci,” Kata Buya Mul, sapaannya.

Menurutnya, perjuangan yang telah dilakukan sejumlah elemen masyarakat selama ini semuanya akan sia-sia.

“Yang menjadi tanda tanya, apakah tidak diperjuangkan atau lamban upaya Pemkab untuk memekarkan Kerinci Hilir,” katanya seraya bertanya.

Bupati lanjutnya, memang punya komitmen penuh mendukung pemekaran Kerinci Hilir. Namun sampai saat ini Kerinci Hilir tidak masuk dalam Daerah Otonom Baru. Sikap bupati ini dianggapnya sama artinya dengan pembohongan publik.

“Sebelumnya ada moratorium dari pemerintah pusat. Tahun 2020 ini ada 57 daerah kabupaten/ kota se Indonesia yang akan dimekarkan ternyata dari 57 kabupaten yang akan dimekarkan tidak termasuk pemekaran Kerinci,” pungkasnya.

 

 

(Idp)

HOT NEWS