Koreografer Asal Rantau Rasau Harhy Syafmitha Akan Unjuk Karya di Taman Budaya Jambi

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Koreografer Harhy Syafmitha S.Sn kelahiran Rantau Rasau, Tanjung Jabung Timur, akan menggelar karya mutakhirnya di Taman Budaya Jambi, Kamis 25 Agustus 2016, pukul 20.00 WIB.

Ary yang besar di Purwodadi, Tanjung Jabung Barat ini, akan menampilkan tarian yang juga menjadi tugas akhir di sekolah Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Sumatera Barat dengan judul karya “Nadi Kehidupan”.

Dalam rilis yang diterima inilahjambi, disebutkan, tari yang akan dibawa sekitar 20 penari ini menampilkan suatu perbandingan proses kehidupan antara masyarakat yang bersikap individual dengan masyarakat yang masih mengusung nilai-nilai kebersamaan.

Konsep hidup yang saling bertolak belakang ini menjadi landasan Ary dalam menciptakan kreasi tari.

Sejumlah penari berlatih di Taman Budaya Jambi, pada Rabu 24 Agustus 2016. Mereka akan membawakan tari karya koreografer Harry Syafmitha dari ISI Padangpanjang./Foto: Nurul Fahmy

“Karya ini membandingan pola kehidupan masyarakat Suku Anak Dalam dengan masyarakat yang hidup secara individu,” tulis Ary dalam pengantar sinopsisnya.

Pria kelahiran 1990 ini telah malang melintang dalam dunia tari dan seni pertunjukkan lainnya, khususnya di Sumatera Barat, tempat di menuntut ilmu.

Pantauan inilahjambi di Teater Utama Taman Budaya Jambi pada Rabu 24 Agustus 2016, sekitar pukul 16.00 WIB, tampak sejumlah penari dan kru mematangkan konsep pertunjukkan dan melakukan latihan akhir.

Di atas panggung, selain para penari, Ary menempatkan beberapa properti sebagai pendukung pertunjukkan yang juga dimanfaatkan para penari sebagai bagian dari pertunjukkan tari.

Properti utama berupa rangka-rangka kayu berbentuk persegi panjang, dengan roda pada bagian bawahnya, yang (mungkin) disimbolisasi sebagai rumah.

Belum ada keterangan langsung terkait pementasan ini. Dari sesi latihan, pertunjukkan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Siap-siap nonton, ya…


(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS