BNPB: Intensitas Hujan Makin Tinggi, Jambi Diancam Banjir, Longsor dan Puting Beliung

Inilahjambi, JAMBI – Intensitas hujan tinggi berpeluang terjadi di sebagian Provinsi Jambi selama bulan Februari ini. Hujan dan angin akan menyebabkan banjir, longsor dan angin puting beliung.

Selain Jambi, sebagian daerah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, seluruh Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Papua dan Papua Barat juga rentan bencana serupa.

“Daerah-daerah ini ancaman banjir, longsor dan puting beliung berpotensi tinggi. Bukan berarti daerah-daerah lain sudah aman. Ancaman juga tetap tinggi, meskipun hujan lokal akan lebih berperan yang menyebabkan bencana,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan tertulisnya, Minggu 14 Februari 2016.

Lihat:

Menurut Sutopo, tingginya intensitas hujan pada Februari ini disebabkan oleh adanya pengaruh anomali El Nino.

Menurut dia, sesuai data sejarah kebencanaan di Indonesia, 96 persen bencana adalah bencana hidrometerorologi yaitu bencana yang disebabkan pengaruh cuaca seperti banjir, longsor, putting beliung, cuaca ektrem, kekeringan, dan kebakaran hutan dan lahan.

Banjir, longsor dan putting beliung, kata Sutopo, adalah jenis bencana yang paling dominan. Trend kejadian ketiga jenis bencana tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Dampak perubahan iklim global secara siginifikan telah mengubah pola curah hujan, baik pada perubahan intensitas, durasi dan tebal hujan.

“Saat ini frekuensi hujan dengan intensitas tinggi semakin sering terjadi. Hal ini disebabkan volume awan-awan orografik telah bertambah besar volumenya sehingga uap air yang dikandung oleh awan-awan tersebut semakin besar juga,” tutup Sutopo.

Pengamat sosial politik Nasroel Yasir meminta agar Gubernur Jambi Zumi Zola segera bekerja mengatasi banjir sesuai janjinya di Istana Negara kemarin.

“Ayo Gubernur Jambi segera bekerja. Rakyat Jambi saat ini masih resah akibat banjir,” katanya.

 

 
(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN