Mau Sekolah di SMP Negeri ini Harus Siapkan Duit Rp 2 Juta untuk Bikin WC..Boleh Begitu Ya?

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Mau Sekolah di SMP Negeri ini Harus Siapkan Duit Rp 2 Juta untuk Bikin WC..Boleh Begitu Ya?


Inilah Jambi – Ada-ada saja ulah oknum kepala sekolah di Kota Jambi ini. Meski pendidikan adalah hak setiap warga negara dan dijamin Undang-Undang, tapi untuk dapat masuk ke sekolah banyak kali kelit-kelitnya.

Seperti dituturkan Hendra, salah satu wali murid di Kota Jambi. Awalnya dia hendak memasukan anaknya ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kota Jambi. Pilihan sekolah itu karena ada jalur lingkungan. Sekolah dekat dengan rumahnya.

Sayangnya, waktu pengumuman Penerimaan Siswa Baru, anaknya tidak diterima di sekolah itu. Alasannya dirasa Hendra tidak cukup jelas.

“Saya bingung mengapa anak saya tidak diterima di SMP ini lewat jalur lingkungan, padahal letak SMP dengan rumah saya tidak jauh,” terang Hendra kepada inilahjambi.com, Jum’at 15 Juli 2016.

Karena penasaran, Hendra lantas menemui Kepala SMP 10 untuk menanyakan hal tersebut. Setelah adu argumen dan sedikit negosiasi, akhirnya anaknya diterima di sekolah tersebut. Syaratnya; harus memberi sejumlah uang untuk membantu pembangunan wc sekolah. Teng!

“Saya menemui kepala sekolahnya, akhirnya anak saya diterima juga masuk sekolah itu. Tapi kepala sekolah minta saya agar memberi uang untuk membantu pembangunan wc sekolah. Heran saya, bukannya masalah itu sudah dianggarkan pakai dana BOS,” papar Hendra.

Usut punya usut, Hendra mendapatkan informasi ternyata banyak warga sekitar lingkungan yang ingin masuk sekolah di SMP 10 juga dimintai sejumlah uang oleh kepala sekolahnya.

“Banyak juga tetangga saya bilang diminta uang sebesar Rp2 juta kalau anaknya mau bersekolah di SMP 10 ini. Kepala sekolahnya terang-terangan minta bantuan uang untuk memperbaiki wc sekolah, dan banyak juga wali murid bercerita bahwa kepala sekolahnya memang doyan duit,” pungkas Hendra.

Apa tanggapan Kepala SMP 10 Kota Jambi? Maaf, yang bersangkutan belum dapat dikonfirmasi.

Update:

 

(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN