Puluhan Orang Tewas dalam Kudeta Gagal di Turki

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Puluhan Orang Tewas dalam Kudeta Gagal di Turki


Inilah Jambi – Jumlah korban jiwa dalam kudeta singkat di Turki telah bertambah. Sejauh ini, setidaknya 60 orang tewas dalam kekerasan yang terjadi saat kudeta yang berlangsung beberapa jam itu.

Seorang pejabat senior Turki menyampaikan hal tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu 16 Juli 2016. Dikatakan pejabat tersebut, sebagian besar dari mereka yang tewas adalah warga sipil. Namun pejabat tersebut tidak memberikan keterangan lebih detail.

Sebelumnya dilaporkan, sebanyak 42 orang tewas di ibukota Ankara selama percobaan kudeta yang dimulai pada Jumat, 15 Juli malam waktu setempat.

Kudeta ini memang hanya terjadi beberapa jam saja. Kudeta tidak didukung militer sepenuhnya. Angkatan Darat dan Angkatan Laut Turki yang merupakan kekuatan penting, tidak sepenuhnya berada di faksi militer yang melakukan kudeta.

Seperti pernyataan dari Komandan pasukan khusus Militer Turki, Jenderal Zekai Aksakalli yang menegaskan tidak merestui kudeta terhadap pemerintah. Dalam pernyataannya, Jenderal Zekai menegaskan, kudeta tidak akan berhasil dan pasukan khususnya mendukung masyarakat. Situasi di Turki kini perlahan normal pasca kudeta.

(Sumber: Detik)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN