Mayor (Purnawirawan) Mulia Sihombing, Penembak Jitu yang Pernah Kalahkan Anggota Kopassus

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Banyak masyarakat Jambi tidak mengetahui, ternyata seorang veteran pembela NKRI dari Jambi adalah seorang penembak jitu atau sniper.

Dia adalah Mayor(purnawirawan) Mulia Sihombing. Bakatnya terlihat oleh atasan di kesatuan Angkatan Darat TNI, sejak dia awal bertugas di medan operasi di Timor Timur tahun 1976.

”Saat diberangkatkan ke Timor Timur untuk memberantas dan mengatasi pemberontakan di sana, saya masih berpangkat Prajurit Satu (Pratu),dan usia saya baru 23 tahun,” kata Mulia Sihombing kepada inilahjambi.com,  di sela-sela Musyawarah Cabang Legiun Veteran RI yang berlangsung di Gedung Veteran, Sipin Ujung, Rabu 28 Oktober 2015.

Di sana, Mulia bercerita, dia langsung kontak senjata dengan para pemberontak Fretillin. Dari pasukan Kodam 2 Sriwijaya, ada sejumlah teman-temannya yang gugur saat bertugas di Timor Timur.

”Setelah hampir setahun disana, pada tahun 1979 saya kembali ditugaskan ke Timor Timur,” ujar Mulia Sihombing lagi.

Berita lain: 

Saat diterjunkan pada operasi kedua, dia sudah menjadi penembak jitu.Untuk mengasah bakatnya sebagai sniper, Mulia dilatih oleh beberapa instruktur dari kesatuannya.

Atas kepiwaiannya sebagai penembak jitu, beberapa kali Mulia menjadi juara menembak yang diadakan Mabes TNI.

Tahun 1989, Mulia meraih juara pertama menembak jitu pada piala KASAD. Saat itu dia berhasil mengalahkan belasan penembak jitu dari satuan Kopassus dan Kostrad.

”Bangga sekali waktu itu. Saya bisa mengalahkan pasukan elit AD dalam kejuaraan menembak,’ ‘pungkas purnawirawan yang terakhir bertugas di Rindam 2 Muara Enim, Sumatera Selatan ini.

 

(Budhiono)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN