Meriah! HKP ke-50 Jambi Dirangkai Berbagai Lomba, Pameran dan Bazar

Inilah Jambi – Hari Krida Pertanian ke-50 tingkat Provinsi Jambi yang dipusatkan di Lapangan Bola Desa Lubuk Pungguk Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, resmi dibuka Bupati Merangin Mashuri, didampingi Wabup Nilwan Yanya, Selasa (15/11).

Acara pembukaan event tahunan Provinsi Jambi itu berlangsung meriah dan spektakuler.  Ribuan orang dari berbagai penjuru Provinsi Jambi ‘tumplekblek’ di lokasi acara yang sebelumnya sempat diguyur hujan tersebut.

Turut mendampingi bupati, Sekda Merangin Fajarman Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, para pejabat tinggi pratama Provinsi Jambi dan kabupaten/kota serta para unsur Forkopimda-nya.

‘’Peringatan HKN merupakan momen untuk mengenang, menghargai para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di dunia pertanian,’’ ujar Bupati pada pidato singkatnya.

HKN lanjut bupati, sekaligus hari penghargaan kepada insan pertanian. HKP pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan hari mawasdiri serta hari dharma bhakti.

‘’Pada  hari ini insan petani menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan  berupa kekayaan alam yang melimpah, dimanfaatkan insan pertanian untuk kesejahteraan umat manusia,’’ jelas Bupati.

Usai membuka HKN ke-50 yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua TP PKK Merangin Juniarti Nilwan diampingi bupati dan wabup, Mashuri bersama rombongan memasuki satu persatu stand-stand pameran yang menampilkan berbagai produk unggulan pertanian dari masing-masing kabupaten/kota peserta HKN se-Provinsi Jambi.

HKP yang berlangsung dibawah indahnya panorama alam Jangkat itu, dimeriahkan dengan  berbagai lomba, seperti asah terampil, bongkar pasang  hand tractor, identifikasi jenis bibit tanaman kehutanan, menangkap ikan, mengupas kelapa.

Selain itu juga digelar lomba, membedakan tandan buah sawit segar, menebak rasa kopi, kreativitas pengembangan pangan lokal, tarik tambang, tari karung, bakiak serta bazaar produk-produk pertanian dari Jangkat.

Pada malam harinya, pengunjung dihibur dengan penampilan seni budaya menarik dari masing-masing kabupaten/kota peserta HKP ke-50. Tidak hanya tari-tarian dan aneka lagu daerah, tapi juga akan tampil artis-artis pusat dan lokal Jambi.

Berbagai produk pertanian Jangkat yang ditawarkan dalam berbagai pilihan berat kemasan pada HKP ke-50 itu, seperti kentang, cabai, kol, daun bawang, markisa, strowberi, tomat, bawang merah dan pilihan produk pertanian lainnya.

Sementara itu dijelaskan bupati, untuk puncak acara HKP ke-50 akan dilaksanakan pada Kamis (17/11), yang rencananya akan dihadiri Gubernur Jambi Al Haris dan sejumlah pejabat Pusat. (*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN