MTsN Olakkemang Pungut Uang Perpisahan Sampai Rp41 Juta, Orang Tua Mengeluh

Inilahjambi – Pihak Madrasah Tsanawiyah Olakkemang, Kota Jambi, bersama Komite Sekolah melakukan pungutan terhadap orang tua siswa dengan dalih kegiatan perpisahan.

Tidak tanggung-tanggung, total biaya yang dipungut mencapai Rp41 juta. Sejumlah orang tua siswa merasa keberatan dengan pungutan tersebut.

Menurut M, salah satu orang tua siswa, pungutan itu sangat memberatkan mereka. Selain itu, dana kegiatan yang akan rencananya akan diadakan di sekolah itu dilura nalar mereka.

“Rp41 Juta hanya untuk perpisahan. Kegiatannya kan disekolah, kok mahal sekali biayanya,” kata M, kepada inilahjambi, Sabtu 11 Februari 2017.

M merincikan pungutan yang dilakukan sekolah untuk masing-masing siswa kelas I,11 dan III. Untuk siswa kelas III Rp95 ribu, sementara siswa kelas 1 dan 2 Rp45 ribu.

Jumlah siswa setiap kelas rata-rata berjumlah 35-37 orang. Kelas I jumlah kelas sebanyak 7 lokal, kelas II jumlah kelasnya 6 lokal dan kelas III jumlah kelasnya 6 lokal.

“Jika dikalkulasikan maka jumlah uang pungutan tersebut berjumlah lebih dari rp. 41.000.000,- (41juta rupiah),” ujarnya.

Pertanyaannya, lanjut M, perpisahan sepert apa yang menghabiskan dana sebesar itu?

Sebagai orang tua, M mengaku tidak dilibatkan saat guru dan komite sekolah mengambil keputusan tersebut.

“Keputusan pungutan itu tidak melibatkan orangtua siswa, hanya menyebutkan komite sekolah. Sementara orangtua siswa tidak pernah diajak rapat pembentukan komite sekolah,” pungkasnya.

Kepala MTS Olakkemang Ahmad Faisol saat ini belum dapat dikonfirmasi, termasuk Komite Sekolah Sulaiman MZ.

 
(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan sumber dengan link berita terkait, bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita ini. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!