Mundur Sebagai Perdana Menteri, Mahatir Mohamad: Saya Tidak Gila Kekuasaan

mahatir

Mundur Sebagai Perdana Menteri, Mahatir Mohamad: Saya Tidak Gila Kekuasaan

Baca juga:

Inilahjambi – PM sementara Malaysia Mahathir Mohamad memberikan keterangan pers terkait situasi terkini perpolitikan Malaysia di Putrajaya, Rabu 26 Februari 2020.

Memulai konferensi pers, Mahathir menyampaikan permohonan maaf atas apa yang terjadi. Ia lantas membantah ‘gila kekuasaan’ dan menolak melepaskan jabatan PM.

“Saya mengundurkan diri karena saya melihat kekuasaan dan posisi bukan segalanya. Ini adalah sarana untuk mencapai tujuan tertentu demi kebaikan bangsa,” ujar Mahathir seperti dilansir malaysiakini.com.

Lebih lanjut, Ia mengaku akan membentuk pemerintahan yang tidak memihak kepada siapapun. Kepentingan partai politik harus ditepikan.

“Hanya kepentingan nasional yang diprioritaskan,” kata Mahathir.

Mahathir secara resmi mengundurkan diri dari jabatan selaku PM pada Senin 24 Februari 2020. Ini setelah surat pengunduran dirinya diterima oleh Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. Namun, pada saat bersamaan, Raja menunjuk Mahathir untuk menjabat sebagai PM sementara.

Peristiwa pengunduran diri Mahathir dilakukan setelah ketegangan dalam koalisi Pakatan Harapan meningkat beberapa waktu belakangan.
Peristiwa itu juga terjadi usai Anwar Ibrahim, mantan wakil PM era Mahathir sekaligus pendiri Partai Keadilan Rakyat (PKR), menyebut oposisi mencoba membentuk koalisi baru demi mengamankan posisi Mahathir.

Pada Minggu 23 Februari 2020, koalisi baru mengadakan serangkaian pertemuan di sekitar Kuala Lumpur.

Koalisi itu dilaporkan tidak akan mengikutsertakan Anwar. Hal itu membuat Anwar terancam batal menggantikan Mahathir sebagai PM. Anwar pun menyebut aksi itu sebagi pengkhianatan.

“Kami terkejut dengan hal tersebut, itu adalah pengkhianatan karena ada janji (untuk menyerahkan kekuasaan kepada Anwar dari PM Mahathir Mohamad). Meskipun tidak ada pengumuman malam ini, tetapi dari informasi yang saya himpun, upaya ini sedang berlangsung,” ujarnya.

 

HOT NEWS