Musim Corona, Masyarakat Merangin Masih Semangat Urus Adminduk

Musim Corona, Masyarakat Merangin Masih Semangat Urus Adminduk

Baca juga:

Inilah Jambi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merangin memang telah mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) secara online atau dalam jaringan semenjak virus corona (covid-19) merebak.

Lalu bagaimana dengan antusias masyarakat dengan metode online tersebut?

Kepala Dukcapil Merangin Jailani mengatakan, tidak ada perubahan berarti soal jumlah pelayanan adminduk. Sama seperti hari-hari biasa, ratusan dokumen kependudukan masih diajukan masyarakat.

“Tidak ada penurunan kepengurusan dokumen kependudukan ataupun surat keterangan kependudukan. Seperti halnya yang ngurus KK sampai 100-an orang, KTP 90 hingga 100-an orang juga, perekaman 30 sampai 40-an orang,” kata Jailani.

Jumlah tersebut lanjut Manjong Jay, panggilan akrabnya, mencakup pelayanan online dan manual. Meskipun demikian pihaknya tetap memberlakukan siaga darurat covid-19.

“Sebelum masuk ruang pelayanan masyarakat kita minta mencuci tangan dengan hand sanitizer terlebih dahulu. Juga menerapkan sistem social distancing dengan cara pembatasan jarak atau pelayanan secara bergantian,” katanya.

Manjong Jay mengharapkan, masyarakat agar tetap mengurus dokumen kependudukan meskipun saat ini tengah dilanda wabah covid-19. Mengingat pemerintah telah memberi kemudahan pelayanan online.

“Masyarakat Merangin tentunya akan terbantu, misalnya menghemat waktu dan biaya dari rumah menuju lokasi kepengurusan. Bahkan terhindar dari resiko dalam perjalanan.”

“Produk layanan administrasi ini dikirim dari kantor dukcapil ke desa atau kelurahan. Jadi, itu kemudahan via online. Kecuali surat perkawinan, masyarakat langsung datang ke dukcapil,” pungkasnya.

 

Rhomadan Cerbitakasa

HOT NEWS