Pantau Posko Covid-19 Masurai, Al Haris Minta Warga Bersuhu Tubuh Tinggi Balik ke Daerah Asal

Pantau Posko Covid-19 Masurai, Al Haris Minta Warga Bersuhu Tubuh Tinggi Balik ke Daerah Asal

Baca juga:

Inilah Jambi – Guna mamastikan Posko Covid-19 terus beroperasi, Bupati Merangin Al Haris usai memantau aktivitas Posko Covid-19 di perbatasan Merangin-Kerinci pada Sabtu dinihari (25/4), paginya langsung ke Posko Covid-19 Masurai.

‘’Saya ingin memastikan semua Posko Covid-19 beroperasi dan itu yang paling penting. Kita harus lebih waspada Covid-19. Jangan ada lagi warga yang pulang kampung, guna memutus mata rantai Covid-19,’’ ujar Bupati.

Intruksi Presiden RI Joko Widodo tegas bupati, sudah sangat jelas. Agar warga tidak ada yang mudik ke kampung dan tetaplah di tempatnya tinggal. Virus Corona ini sangat penting untuk diantisipasi.

Jika masih ada warga yang pulang kampung, mata rantai penyebaran Covid-19 tidak akan putus. Sebab warga yang pulang kampung itu, belum diketahui secara pasti kondisinya.

‘’Jika warga yang pulang kampung tersebut ada yang positif, tentu akan menjadi sumber penularan Covid-19 di desanya. Ini tidak kita inginkan, makanya jangan pulang kampung untuk sementara waktu, di rumah saja dulu,’’ pinta Bupati.

Saat memantau aktivitas Posko Covid-19 Kecamatan Lembah Masurai, bupati minta kepada petugas jaga, jangan ada lagi warga luar yang masuk ke wilayah Kabupaten Merangin.

Apalagi jika warga pendatang tersebut, suhu badannya tinggi, tentu bisa dicurigai positif dan sangat rawan menjadi sumber penularan. Bupati tidak ingin Kabupaten Merangin yang terus dijaga dari masuknya Covid-19 menjadi daerah zona merah.

Kepala Puskesmas Masurai Joneva Bafendi menambahkan, warga pendatang yang masuk melewati Posko Covid-19 Masurai, suhu badannya selalu dicek. Jika suhu warga itu tinggi, diintruksikan istirahat dulu di Posko Covid-19 Masurai.

‘’Kalau sudah 20 menit istirahat, ternyata suhu tubuhnya masih tinggi juga, warga tersebut tidak kami perbolehkan masuk ke wilayah Kabupaten Merangin dan kami suru balik ke daerah asal,’’ tegas Joneva.

Setiap harinya Tim Petugas jaga di Posko Covid-19 Masurai itu, digilir dua orang warga utusan dari setiap desa dalam Kecamatan Lembah Masurai, dari TNI, Polri, Satpol PP dan medis dari Puskesmas Masurai.

 

Rhomadan Cerbitakasa

HOT NEWS