Nissan Terano BH 16 Hilang dari Daftar Lelang Kendaraan Dinas Pemprov Jambi

Inilahjambi – Sejumlah kendaraan dinas milik Pemerintah Provinsi Jambi yang berasal dari beberapa instansi akan dilelang. Dalam daftar lelang kendaraan yang akan dilego tersebut, terdapat kendaraan jenis roda dua sebanyak 10 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 29 unit.

Sayangnya, sejak beberapa hari ini berembus isu tak sedap terkait lelang. Disebutkan sejumlah kendaraan yang awalnya masuk dalam daftar lelang, sudah tidak berada di tempat sehingga tidak masuk dalam daftar lelang di website www.lelangdjknkemenkeu. go. id.

“Sejumlah kendaraan raib dalam daftar lelang. Sepertinya sudah dikondisikan oleh panitia,” sebut sumber inilahjambi, Selasa 17 April 2018.

Inilahjambi menelusuri website lelang www.lelangdjknkemenkeu. go. id. Disana terdapat lelang sejumlah kendaraan milik Pemprov Jambi. Dalam Penelusuran itu ditemukan fakta bahwa urutan/nomor 36 raib dalam daftar lelang. Point 35 langsung meloncat ke point 37.

Sesuai dengan salinan daftar barang yang akan dilelang Pemprov Jambi yang didapatkan Inilahjambi, pada point 36 itu tercantum kendaraan jenis Nissan Terano warna hitam tahun 2004 dengan nomor polisi BH 16, senilai Rp18.185.000,-.

Kemana mobil tersebut?Inilahjambi mencoba mengecek kendaraan dengan nomor polisi BH 16 tersebut di situs Samsat Jambi online. Dalam keterangan di laman itu diketahui bahwa mobil dengan plat nomor BH 16 adalah Mitsubishi Galant ST MT (New Galant) buatan tahun 2000, bukan Nissan Terano warna hitam besutan tahun 2004.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang yang dihubungi Inilahjambi belum merespon panggilan hingga Rabu sore 18 April 2018.

Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah (BPBMD) Setda Pemprov Jambi, Riko Febrianto yang dikonfirmasi inilahjambi mengaku bahwa semua kendaraan ada ditempat. Dia membantah bahwa ada kendaraan yang tidak berada di tempat.

“Informasi tersebut tidak benar, sampai saat ini semua kendaraan yang akan dilelang masih berada di lapangan kantor Gubernur kecuali 1 buah bus sampai saat ini berada di halaman parkir belakang kantor Gubernur,” kata Riko.

Inilahjambi mencoba menghubungi Pejabat Penjual, Suwardi S.ag melalui sambungan telepon. Menurut dia, memang ada pembatalan lelang kendaraan nomor 36. Mobil milik pejabat di Biro Umum Setda itu kondisinya sudah sangat rusak. Sehingga digunakan untuk praktik di Balai Latihan Kerja (BLK).

“Jadi menurut Kepala BPBMD, memang ada pembatalan lelang satu unit kendaraan roda 4 jenis Nissan Terano. Mobil tersebut diminta oleh Dinas Tenaga Kerja untuk praktik bengkel di Balai Latihan Kerja (BLK),” kata Suwardi, Rabu sore.

Soal kendaraan yang berbeda antara data di Samsat dan kendaraan di Biro Umum itu, Suwardi mengaku tidak mengetahui.

“Itu saya tidak tahu, Coba tanya ke Biro Umum. Setahu saya memang kendaraannya Nissan Terano,” ujar Suwardi lagi.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi belum dapat dihubungi guna dimintai keterangan terkait soal ini.

Baca juga: Data Aspal Mobil Dinas BH 16 Milik Asisten III Pemprov Jambi

 

 

(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS