Omong-Omong, Siapa Sih Kadis Pertanian Muarojambi yang Dimarahi Pak Menteri? Ternyata…

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Kemarahan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Muarojambi pada Selasa lalu meledak saat dia mengetahui ada petani yang belum mendapat bantuan bibit dari Pemerintah Pusat di daerah itu.

Amran marah besar, dan meminta Gubernur Jambi segera mencopot kepala dinas pertanian setempat.

Siapa Kepala Dinas Pertanian Muarojambi yang disemprot Menteri Amran? Dialah Darwin Sitanggang. Dinas yang dipimpinnya memiliki ruang lingkup yang luas, yakni Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Di bawah pengelolaan Darwin, hingga beberapa tahun menjabat, kondisi pertanian di Kabupaten Muarojambi memang tidak mengembirakan. Belasan ribu haktare lahan pertanian tidak produktif alias tidur.

Pak Kadis beralasan, kesadaran petani di daerah itu masih rendah. Sehingga pihaknya perlu sosialisasi lebih keras lagi terkait produktivitas lahan pertanian.

Dilansir Antara beberapa waktu lalu, Amran menyatakan, belasan ribu hektare lahan di Kabupaten Muarojambi, tidak dikelola oleh masyarakat setempat akibat masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pertanian.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Muarojambi, lahan yang tidak digarap alias lahan tidur mencapai 15 ribu hektare. Namun Darwin menyatakan, jika dibandingkan tahun lalu, angka itu sedikit menurun.

“Lahan tidur luasnya mencapai 15 ribu hektare, ini disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk bercocok tanam,” katanya.

Dinas Pertanian, kata Amran lagi, terus memberikan dukungan dengan cara melakukan program cetak sawah dan memberikan bibit gratis. Dia bahkan meminta masyarakat petani membuat proposal kepada pihaknya jika membutuhkan bantuan.

Namun faktanya, Hmmm!!

Berita terkait:

 

 

 

 
(Muhammad Ikhlas)

HOT NEWS