Sun. Jun 16th, 2019

Pemotor Jangan Lupa Bawa Jas Hujan, Sampai Tanggal Segini Jambi Berpotensi Diguyur Hujan

Inilahjambi – Hujan berintensitas rendah hingga tinggi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kondisi ini akan terjadi hingga 4 Februari 2017.

“Diperkirakan pada periode 30 Januari-4 Februari 2017, wilayah Lampung bagian selatan, Banten, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah dan Timur bagian selatan, Bali, NTB, dan NTT, Sulawesi Selatan dan Barat, merupakan wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Kasubid Informasi BMKG Harry Tirto saat dimintai konfirmasi, Senin 30 Januari 2017.

Menurut Harry, saat ini terjadi aktivitas monsun Asia dan interaksinya dengan gelombang tropis serta kondisi sirkulasi angin di Indonesia bisa mendukung pembentukan awan hujan. Kondisi ini terjadi terutama di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Adapun wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Aceh, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua. Selain itu, ada daerah yang berpotensi hujan disertai petir dan kilat, yakni Aceh, Kep. Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

“Jadi masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati terkait indikasi potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi,” imbuh Harry.

 

 

 

 
(Olivia Admira)

Sudah dibagikan