Penjual Ayam Kades Terpilih Desa Suka Ramai Resmi Bergelarkan Datuk Kepalo Kampung Suko Besamo

Inilahjambi.com- Pasca dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai Kepala Desa (Kades) terpilih pada 16 Desember 2021 lalu oleh Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief, SE. Saalmi Kades terpilih Desa Suka Ramai, Kecamatan Muara Tembesi yang dulunya sebagai penjual Ayam lakukan acara Tasyukuran sekaligus pengukuhan dan pengambilan sumpah secara Adat serta resmi ditunjuk sebagai gelar ” DATUK KEPALO KAMPUNG SUKO BASAMO”.

Pelaksanaan tasyukuran sekaligus pengukuhan dan pengambilan sumpah Adat tersebut bertempat di kediaman Kades terpilih yang berpusat di RT 05 Dusun Sumber sari (Dusun 03), Desa Sukaramai, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batang Hari, Jambi, pada Senin, (27/12/20) yang dimulai sejak Pukul 08:30 WIB dan acara pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah Adat di lakukan langsung oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan yaitu, Datuk Raden Sulaiman yang bergelar Datuk Paduko Pangeran Mudo Mulyo.

Saalmi yang merupakan Kades terpilih periode 2021-2027 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak se-Kabupaten Batang Hari yang dilaksanakan pada 16 November 2021 lalu dengan suara terbanyak yakni, (501) suara dari 5 Orang calon kades tersebut dalam memberikan kata sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kehadirannya dalam pelaksanaan Pilkades hingga pengukuhan baik secara Pemerintahan maupun secara Adat.

“Sebelumnya saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh Masyarakat Desa Suka Ramai dan juga kepada pemerintahan Kecamatan Muara Tembesi dan Pengurus Lembaga Adat yang sudah sudih menghadiri serta mengukuhkan dan mengambil sumpah kepada saya atas atas pelaksanaan secara Adat,” ujar Saalmi Kades terpilih.

Saalmi juga mengungkapkan, jika kedepannya ia selaku Datuk Pemangku Adat akan menjaga dan menghidupkan kembali Adat istiadat yang sudah terlupakan di Desa Suka Ramai sesuai dengan hukum adat yang sudah lama ada, maupun aturan adat yang baru dibuat dan akan mengenalkan istilah adat istiadat kepada regenerasi.

“Insya Allah selepas saya di kukuhkan mejadi pemangkut adat hari ini, kedepannya saya akan berusaha semampu dan sebisa saya untuk membetuk dan mengenal tradisi ataupun aturan adat istiadat yang berlaku di Desa Suka Ramai kepada warga Desa Suka Ramai terutama kepada kaula muda/mudi yang ada,” tegas Datuk Pemangku Adat.

“Dan pastinya tak lupa pula saya juga berharap kepada seluruh warga yang ada di Desa Suka Ramai, mari kita sama-sama menjaga adat istiadat kita dan saling bersinergi dengan aturan adat yang sudah ditetapkan dan aturan pemerintahan yang ada sesuai aturan Undang-undang yang dibuat oleh Negara kita,” sambungnya.

Selanjutnya ditempat yang sama Datuk Raden Sulaiman dalam kata sambutannya mengatakan, dalam pemberian gelar datuk kepada semua kades terpilih di tahun 2021 khususnya dalam kecamatan Muara Tembesi, terlebih dahulu dirinya selaku ketua Lembaga adat sudah memberi tahu kepada datuk LAM Provinsi yaitu, Datuk Hasan Basri Agus untuk memberikan sekalikus mengukuhkan dan mengambil sumpah kepada kades terpilih.

“Perlu kita ketahui secara bersama bahwa, sebelum kami Anggota Lembaga Adat Kecamatan menunjukkan pemberian nama atau gelar Datuk kepada Kades terpilih periode 2021-2027 ini, kami sudah duluan meminta izin serta menghadap Datuk LAM Provinsi dan alhamdulillah mendapatkan izin langsung dari datuk LAM Provinsi Jambi dan Datuk LAM Kabupaten Batang Hari,” kata ketua Lembaga Adat Muara Tembesi yang merupakan Datuk Paduko Pangeran Mudo Mulyo.

Selaku Ketua Lembaga Adat Kecamatan, Datuk Raden Sulaiman juga berharap kepada semua Datuk Pemangku Adat yang sudah dikukuhkan supaya kedepannya untuk bisa mengangkatkan dan memperkenalkan adat istiadat kepada pemuda pemudi yang ada.

“Saya berharap kepada semua Kades terpilih yang sudah mendapat gelar Datuk, jangan hanya sekedar menjadikan gelar Datuk untuk sekedar gelar saja, tetapi mamfaatkanlah gelar tersebut sebaik-baiknya untuk mengenal adat istiadat kepada anak-anak muda agar regenarasi kita bisa menjunjung tinggi adatbistiadat dan mengenal sejarah adat yang ada di Provinsi Jambi, Kabupaten Batang Hari dan terkhususnya dalam kecamatan Muara Tembesi,” tutupnya.

Pelaksanaan Tasyukuran sekaligus pengukuhan dan pengambilan sumpah adat juga turut di hadiri oleh Camat Muara tembesi beserta rombongan, Ketua Lembaga Adat beserta rombongan, Ketua BPD Desa Suka Ramai dan anggota, Pendamping Desa, Babinsa, Ketua PPDI Provinsi Jambi dan para tamu undangan lainnya.

Pewarta: Erpan

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!