Penyidik KPK dari Polri Peras Walikota

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (Foto: dok Div Propam Polri)

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (Foto: dok Div Propam Polri)

Penyidik KPK dari Polri Peras Walikota


Inilah Jambi – KPK dan Propam Polri menangkap penyidik KPK yang berasal dari Polri karena ketahuan memeras Walikota Tanjungbalai, M Syahrial.

Penyidik KPK berinisial SR yang berpangkat ajun komisaris polisi (AKP) itu ditangkap pada Senin 19 April 2020, ujar Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo melalui keterangan tertulis, Rabu 21 April 2021.

“(SR) telah diamankan di Div Propam Polri,” tambahnya.

Sambo mengatakan penyidikan terhadap kasus tersebut bakal dilanjutkan oleh KPK. Namun, lanjut Sambo, KPK bakal tetap berkoordinasi dengan Propam.

“Selanjutnya, penyidikan kasus tersebut dilakukan oleh KPK. Namun tetap berkoordinasi dengan Propam Polri,” imbuh Sambo.

Sebelumnya, KPK menyelidiki dugaan pemerasan yang dilakukan salah satu penyidiknya terhadap Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial. KPK memastikan proses hukum terhadap penyidik yang berasal dari Polri itu.

“Terkait pemberitaan tentang penyidik kepolisian yang bertugas di KPK diduga melakukan pemerasan terhadap Wali Kota Tanjungbalai, perlu kami sampaikan bahwa kami memastikan memegang prinsip zero tolerance,” ucap Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya, Rabu (21/4).

“KPK tidak akan menolerir penyimpangan dan memastikan akan menindak pelaku korupsi tanpa pandang bulu,” imbuhnya.


Giliran Gubernur Kepulauan Riau Kena OTT KPK

Inilah Jambi – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah memastikan kepala daerah yang ditangkap saat operasi tangkap tangan (OTT) di Kepulauan Riau adalah Gubernur Nurdin Basirun.

Baca juga:

Menurut Febri, kasus ini terkait penyuapan izin lokasi reklamasi di Kepulauan Riau. Perizinan ini ada dalam kewenangan Gubernur.

“Kepala daerah di tingkat provinsi ya karena ini kewenangannya diduga terkait dengan kewenangan di tingkat provinsi,” kata Febri di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10 Juli 2019.

Dalam OTT kali ini, KPK menangkap enam orang, termasuk Gubernur Nurdin Basirun yang masih berada di Kepulauan Riau.

Rencananya, jika tidak terlalu diperlukan, hanya sebagian yang akan dibawa ke Jakarta esok hari dengan penerbangan pertama.

KPK juga belum mengetahui apakah tindakan ilegal ini melibatkan oknum pejabat dari pemerintah pusat baca selengkapnya 

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN