Petani Jambi Siap Barter Kopi Kerinci dengan Pesawat Sukhoi Rusia

Petani Jambi Siap Barter Kopi Kerinci dengan Pesawat Sukhoi Rusia


Inilah |Jambi – Pemerintah Indonesia dan Rusia sepakat melakukan imbal beli dalam membeli 11 unit pesawat Sukhoi SU-35 dengan sejumlah komoditas nasional.

Salah satu komoditas pertanian nasional dari Jambi yang akan ditukar dengan pesawat Sukhoi buatan Rusia adalah Kopi Kerinci.

Suryono, Ketua Kelompok Tani Kopi Alam Arabika, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mengatakan, Perkumpulan Petani Kopi Alam Korintji membutuhkan berbagai surat izin dan rekomendasi melakukan ekspor kopi sebagai bagian dari imbal dagang dengan Rusia.

Suryono menambahkan bahwa pihaknya telah dihubungi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). PPI menyatakan memilih KAK sebagai salah satu produk yang akan dijadikan imbal dagang ke Rusia.

“Imbal dagang ini merupakan suatu dukungan terhadap kelompok tani Kopi Arabika Kerinci,” kata Suyono dalam pertemuan Perkumpulan Petani Kopi Alam Korintji (KAK) dengan Gubernur Jambi Zumi Zola di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa 10 Oktober 2017.

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menyatakan mendukung penuh pembenahan administrasi Kopi Alam Korintji (Kopo Kerinci) untuk diekspor ke Rusia.

Zola segera menginstruksikan OPD terkait untuk membantu Perkumpulan Petani KAK dalam mengurus segala administrasi yang dibutuhkan untuk ekspor Kopi kerinci tersebut ke Rusia.

Diketahui, Pemerintah RI dengan Russia telah menandatandatangani Memorandum of Understanding (MOU) antara BUMN Rusia, Rostec, dengan BUMN Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Menteri Pertahanan Ryanizard Ryacudu menegaskan bahwa pembelian Sukhoi melalui mekanisme imbal beli tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

“Ini baru pertama kali kami merasakan UU itu sebelumnya belum terlaksana. Pembelian ini berdasarkan UU, sesuai aturan,” ujar Ryamizard saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Agustus 2017 lalu.

Baca juga:

(Olivia Admira)

 

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN