Pohon Sawit Bapak Sudah Tua? Pemkab Batanghari Siap Salurkan Rp25 Juta untuk Peremajaan, Ini Syaratnya…

Sumber: Serujambi.com/Foto: Presiden Jokowi mencanangkan replanting sawit/PresidenRi.go.id

Inilahjambi – Lima desa yang ada di tiga kecamatan akan mendapatkan bantuan program replanting kebun kelapa sawit tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Batanghari, Irwan.

“Iya, Insya Allah tahun 2019 Pemkab Batanghari mendapatkan program replanting kebun sawit melalui Badan Pengelolaan Dana Peremajaan Kelapa Sawit (BPD PKS) dari pemerintah pusat,” katanya.

Dijelaskannya, masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan peremajaan kebun kelapa sawit harus mengajukan beberapa persyaratan. Syarat-syarat ini diantaranya Surat Keterangan Kepemilikan Lahan (SKKL) berupa Surat Hak Milik (SHM) atau berupa sporadik.

“Selanjutnya foto copy Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) peremajaan kebun kelapa sawit,” terangnya.

Diakatakannya, Pemerintah pusat menargetkan 2.027 hektar lahan perkebunan sawit milik masyarakat yang usia kebun kelapa sawitnya 25 tahun ke atas dapat diremajakan.

Tidak hanya kebun kelapa sawit berusia 25 tahun ke atas, namun kebun-kebun kelapa sawit sudah tidak ekonomis juga dapat diajukan untuk mendapatkan program peremajaan tersebut.

“Masyarakat akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 25 juta per hektar untuk peremajaan tersebut dan maksimal lahan yang dapat di replanting seluas 4 hektar per orang,” katanya.

Lanjutnya, berdasarkan usulan dari masyarakat, saat ini sudah ada 1.687 hektar lahan yang diverifikasi Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari.

“Kita masih akan menerima usulan dari masyarakat terkait peremajaan kebun kelapa sawit tersebut,” sebutnya.

Untuk diketahui lima desa yang mendapat bantuan replanting terdiri dari Desa Bukit Sari, Desa Bulian Jaya dan Desa Karya Mukti Kecamatan Maro Sebo Ilir.

Selanjutnya Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi dan Desa Koto Boyo Kecamatan Batin XXIV.

 

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN