Presiden Duterte akan Digulingkan?

Inilahjambi – Ketua parlemen Filipina, Pantaleon Alvarez, pada Selasa, 27 Desember 2016, mendesak penyelidikan atas dugaan perencanaan penggulingan Presiden Rodrigo Duterte oleh mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Filipina, Philip Goldberg.

Seperti dilansir Inquirer pada Selasa, 27 Desember 2016, Goldberg diduga meninggalkan “cetak biru” untuk menjatuhkan Duterte, ada “rekomendasi” kepada Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat terkait penghapusan Presiden Filipina dari jabatannya saat ini.

“Jika benar, ini memiliki konsekuensi serius tidak hanya pada stabilitas politik negara kita tetapi juga pada struktur ekonomi dan sosial bangsa kita. Hal ini juga akan memiliki dampak serius pada hubungan kita dengan Amerika Serikat, “kata Alvarez dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut Alvarez mengatakan perlu adanya penyelidikan terhadap dugaan terkait.

“Mengingat tuduhan serius ini, saya menyerukan sebuah penyelidikan kongres untuk memastikan apakah laporan tentang rencana penggulingan Presiden Rodrigo Duterte itu beralasan,” katanya.

Dia juga menambahkan rencana “penghapusan” Presiden Duterte merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Filipina.

“Ini satu kutukan atas prinsip demokrasi Pemerintah Amerika, terutama di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, yang diserukan kepada dunia,” ujar Alvarez.

Cetak biru itu dikatakan menyerukan Pemerintah AS supaya mengambil tindakan gabungan sosio-ekonomi-politik-diplomatik terhadap Presiden Duterte agar membuat dia bertekuk lutut dan akhirnya lenyap dari jabatannya

Juru bicara Presiden Duterte, Ernesto Abella, mengatakan Kementerian Luar Negeri AS telah menolak tuduhan itu dan menyatakan tidak terlibat dalam rencana itu.

Meskipun pembunuhan dalam kampanye Presiden Duterte terhadap penyalahgunaan narkoba di Filipina semakin meningkat, namun Duterte tetap populer dengan mendapat pengakuan “brilian” dalam survei baru-baru ini.

 

 
(Muhammad Ikhlas)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN