Rapat Perdana Gubernur Jambi Soal Karhutala dan Perkebunan di Jambi

Inilahjambi, JAMBI – Gubernur Jambi Zumi Zola akan memanggil seluruh perusahaan perkebunan di Provinsi Jambi guna mengantisipasi kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Provinsi Jambi.

Hal ini diungkapkan Zola usai rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan Bupati/Walikota se Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu 17 Februari 2016, sore.

Rapat perdana Zumi Zola- Fachrori Umar dengan para Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi itu juga diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih Jambi.

Selain karhutala, masalah lain yang dibahas yakni, bencana banjir dan tanah longsor, serta upaya penanggulangan dampaknya.

Upaya mendukung swasembada dan kedaulatan pangan yang merupakan program nasional, dan upaya pengembangan tanaman kopi sebagai tindak lanjut dari pertemuan para gubernur dengan Wapres di Lampung pada Sabtu lalu.

Selain itu juga dibahas upaya penertiban izin-izin tambang batubara yang belum clean and clear (CnC) sebagai tindak lanjut dari pertemuan para gubernur dengan Menteri ESDM, Mendagri, dan KPK tentang koordinasi supervisi dan pencegahan (korsupgah) KPK terhadap penataan perizinan pertambangan, penanggulangan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Kemudian, juga dibahas penanggulangan narkoba, Gafatar, Lesbian Gay Biseksual dan Trangender (LGBT), serta upaya diversifikasi produk di Provinsi Jambi, selain karet dan sawit sebagai pendapatan alternatif jika harga karet dan sawit anjlok.

Zola mengatakan, tujuan rapat tersebut dia ingin mendapatkan berbagai masukan mengenai permasalahan yang ada di Provinsi Jambi, Seperti kebakaran lahan dan hutan, serta kemarau, bagaimana mencegah ini, tentu butuh dukungan semua pihak. Dalam rapat tersebut, Bupati/walikota juga menyampaikan dukungan.

Menurut Zola, dia ingin ada komunikasi yang lancar dari tingkat kabupaten/kota sampai ke provinsi. Musrenbang provinsi, konsepnya nanti Zola ingin lebih banyak memberikan peluang kepada bupati/walikota untuk menyampaikan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing kabupaten/kota, jangan sampai ada pembangunan yang nantinya tidak bermanfaat.

Kata dia, kalau ingin provinsi ini sukses, harus dimulai dari kabupaten/kotanya.

Selain itu, Zola juga menyatakan bahwa dirinya akan meningkatkan komunikasi dengan para bupati dan walikota se Provinsi Jambi, untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi Provinsi Jambi.

(Zalman Irwandi/Humas Prov Jambi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]

Tinggalkan Balasan

SOROTAN