Sun. Aug 25th, 2019

Pelatihan SDM Kepariwisataan bagi guru di Sungaipenuh dan Kerinci/Ist

Ratusan Guru di Kerinci-Sungaipenuh Dibekali Ilmu Dasar Kepariwisataan

Inilahjambi – Setelah menggelar pelatihan peningkatan SDM pariwisata bagi siswa di Kota Sungaipenuh dan Kerinci, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi juga menyasar para guru.

Baca juga: Disbudpar Provinsi Jambi “Goes to School” di Kerinci dan Sungaipenuh

Pelatihan dilaksanakan selam dua hari 9-10 April 2019. Tanggal 9 April pelatihan bagi para siswa dan 10 April bagi para guru.

Menurut Kepala Seksi Kerjasama Industri Pariwisata, Disbudpar Provinsi Jambi, Al Fajri Ramadhan, SE, pelatihan ini untuk jangka panjang berguna bagi para guru itu sendiri, sekolah dan daerah itu secara umum.

“Bukan hanya bagi siswa, dinas juga menggelar pelatihan bagi para guru. Untuk apa? tujuan jangka pendeknya jelas untuk menhadapi iven Tour de Singkarak,” papar dia lagi.

Sementara itu tujuan pelatihan SDM kepariwisataan ini untuk jangka panjang, yakni investasi ilmu dan pengetahuan bagi para guru, sekolah dan daerah tersebut.

Lihat lagi: Disbudpar Provinsi Jambi: Pembinaan Desa Wisata Penting untuk Pengembangan Destinasi

“Setelah kegiatan Tour de Singkarak, para guru dapat mentransfer ilmu mereka kepada para siswa dan lingkungan sekitar. Kerinci dan Sungaipenuh merupakan salah satu tujuan wisata di Jambi yang paling digemari oleh wisatawan. Sehingga diperlukan SDM yang banyak sekali yang memiliki dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan keparisataan. Kepada para guru itulah kita berharap banyak kedepannya,” terang Fajri lagi.

Diketahui, kegiatan pelatih ini merupakan kerjasama Disbudpar Provinsi Jambi dengan Kementerian Pariwisata RI yang diikuti oleh 140 orang guru.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Sundari, SE.

“Kita tidak main-main. Narasumbernya langsung dari Pusat, dari Kementerian Pariwisata yakni Bapak Abdul Kohar Rifai dan Bapak Budiman Purba. Sementara itu dari Jambi adalah Bapak Agus Sambodo dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,” terang Fajri.

Sudah dibagikan