Sun. Aug 25th, 2019

Pelatihan SDM pariwisata di Sekolah di Kerinci dan Sungaipenuh 9 April 2019/ist

Disbudpar Provinsi Jambi “Goes to School” di Kerinci dan Sungaipenuh

Inilahjambi – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bidang kepariwisataan di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci pada 9-10 April 2019.

Baca juga: Disbudpar Provinsi Jambi: Pembinaan Desa Wisata Penting untuk Pengembangan Destinasi

Menurut Kepala Seksi Kerjasama Industri Pariwisata, Disbudpar Provinsi Jambi, Al Fajri Ramadhan, SE, pelatihan ini merupakan kerjasama dinas dengan Kementerian Pariwisata RI untuk meningkatkan SDM kepariwisataan di daerah tersebut.

“Kegiatan ini juga guna menyongsong iven “Tour de Singkarak (TdS) yang akan melalui Kerinci dan Sungaipenuh pada November 2019 mendatang,” ujar Fajri.

Dikatakan Fajri, dalam jangka pendek, SDM pariwisata di dua daerah tersebut perlu meningkatkan lagi keterampilan dalam bidang kepariwisataan. Sebab dipastikan sejumlah tamu mancanegara dan domestik akan berbondong-bondong datang sejalan dengan iven balap sepeda internasional tersebut.

“Ada dua etape Tour de Singakarak di Sungaipenuh dan Kerinci pada November tersebut. Bayangkan berapa banyak orang akan datang ke sana. termasuk atlet, offisial, wartawan asing dan lainnya. Makanya kita perlu SDM yang banyak sekali untuk memeriahkan acara itu sekalgus memberikan yang terbaik,” ujar Fajri lagi.

Dipaparkan dia, Kadis Budpar Provinsi Jambi Ujang Hariadi dan Kabid Destinasi, Sundari, menekankan, pelatihan tersebut juga berguna untuk jangka panjang, bukan saja bagi masyarakat setempat, tapi juga dunia pariwisata secara umum.

Baca juga: Kadisbudpar: Database Kunjungan Wisatawan Jambi Penting Bagi Pelaku Usaha

Pelatihan kepariwisataan di Kota Sungaipenuh dan Kerinci yang melibatkan 140 orang siswa ini dibuka langsung oleh Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Sundari, SE.

“Kita tidak main-main. Narasumbernya langsung dari Pusat, dari Kementerian Pariwisata yakni Bapak Abdul Kohar Rifai dan Bapak Budiman Purba. Sementara itu dari Jambi adalah Bapak Agus Sambodo dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi,” terang Fajri.

Selain untuk para siswa, pelatihan peningkatan SDM kepariwisataan ini juga diberikan kepada para guru di Kota SUngaipenuh dan Kabupaten Kerinci.

“Kalau ini (pelatihan bagi para guru), sasaran dan tujuannya agak beda,” papar Fajri.

Baca selengkapnya: Ratusan Guru di Kerinci-Sungaipenuh Dibekali Ilmu Dasar Kepariwisataan

Sudah dibagikan