Ratusan Siswa di Batanghari Tidak Punya Ijazah SD dan SMP

Ratusan Siswa di Batanghari Tidak Punya Ijazah SD dan SMP

Inilahjambi – Sebanyak 664 murid di Kabupaten Batanghari tidak memiliki ijazah selama tiga tahun.

Menurut anggota DPRD Kabupaten Batanghari Camelia Puji Astuti, pihaknya mendapat laporan ada 18 sekolah yang tidak mengeluarkan ijazah terhadap 664 siswa tersebut terdiri dari 16 SD dan 2 SMP.

“Kami awalnya menerima laporan orang tua murid SDN 48/I Panerokan. Ijazah murid dari tahun 2016 hingga 2019 belum ada. Ternyata setelah kita dalami ada 18 sekolah yang belum ditandatangani,” kata Camelia dilansir detail media partner Inilahjambi,Kamis 6 Februari 2020.

Baca juga: Fachrori: Dewan Pendidikan Harus Turut Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Camelia berujar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Kabupaten Batanghari berasalan karena tidak ada yang berani menandatangani ijazah tersebut karena kepala di sekolah tersebut adalah pelaksana tugas bukan kepsek definitif.

Padahal, menurut politisi Partai Demokrat Batanghari ini, sejak tahun 2012 ada aturan bahwa ijazah bisa ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Kepala sekolah dengan mandat bupati.

Sedang masalah murid tidak memiliki ijazah ini terjadi baru pada tahun 2016-2019. Selama ini, para siswa hanya mengandalkan surat keterangan lulus sekolah untuk masuk ke ke jenjang diatasnya.

Lihat lagi: Warga Rimbo Ulu Tewas Kesetrum Listrik

“Total murid yang tidak memiliki ijazah berjumlah 664 murid. Ini jumlah yang banyak sekali. Jadi 664 itu terdiri dari 552 murid SD dan 112 murid SMP. Mereka semua tidak ada ijazah. Kita dan orang tua khawatir mereka tidak bisa mengikuti UNBK. Makanya mereka menuntut ijazah,” ujarnya.

Komisi I DPRD Batanghari, kata Camelia, memberi batasan waktu dua minggu kepada Dinas PDK untuk menyelesaikan ijazah 664 murid.

“Dinas PDK menyanggupi dan akan berusaha dalam waktu dua minggu menyelesaikan permasalahan ini. Komisi I akan menunggu laporannya. Kalau selama dua minggu ini solusinya tidak ada, dewan akan melakukan pendampingan sampai ijazah ini keluar,” katanya.

 

Tag# Ayo Sekolah

HOT NEWS