Thu. Apr 25th, 2019
Ketua Umum PPP Romahurmuziy memakai rompi tahanan. (Ist)

Ketua Umum PPP Romahurmuziy memakai rompi tahanan. (Ist)

Romahurmuziy Jalani Pemeriksaan Pertama Sebagai Tersangka Jual Beli Jabatan

Teks Sumber : Suara.com

Inilahjambi – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK dijadwalkan memeriksa bekas Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy untuk pertama kalinya sebagai tersangka dalam kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama.

Baca lagiSurvei Litbang Kompas Prabowo Pepet Jokowi, BPN Yakin Menang Pilpres 2019

Rommy akan diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka menerima uang suap dari dua pejabat di Kanwil Kementerian Agama, Jawa Timur.

“Kapasitas RMY (Romahurmuziy) diperiksa sebagai tersangka,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung Merah Putih, KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 21 Maret 2019.

Selain Rommy, penyidik KPK juga memanggil dua tersangka lainnya yakni yakni Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Keduanya juga diperiksa perdana sebagai tersangka.

“Keduanya juga kami periksa sebagai tersangka,” ujar Febri.

Sebelumnya, KPK telah menggeledah dan menyita uang sebesar Rp 180 juta dan 30 ribu dolar Amerika Serikat di ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim beserta sejumlah dokumen.

Penggeledahan juga dilakukan di kantor DPP PPP yakni di ruang kerja Romahurmuziy. Dalam penggeledahan itu, KPK menyita sejumlah dokumen terkait jabatan Rommy di struktur partai.

Baca lagi : Pegawai UIN Jambi Dilecehkan, Mahasiswa Minta Kepala Biro Keuangan Dipecat

Penggeledahan kemudian berlanjut di kediaman Rommy di daerah Condet, Jakarta Timur. Dari penggeledahan ini KPK menyita barang bukti elektronik, salah satunya adalah laptop.

Sudah dibagikan