Saat Bupati Merangin Mengenang Jamnas Pramuka 1981

Inilah Jambi – Bupati Merangin Mashuri melepas Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Merangin, untuk mengikuti kegiatan Jambore Kwartir daerah (Kwarda) Jambi, di Bumi Perkemahan Sungai Gelang Muarojambi, Kamis (23/6).

Pelepasan sebanyak 72 orang Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Merangin di halaman depan Kantor Bupati tersebut, disaksikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Merangin Agus Zainuddin, pembina dan para orang tua anggota  Kwarcab.

‘’Saya kalau berdiri di depan adik-adik dan kakak-kakak Pramuka ini, teringat masa lalu. Saya dari guru SMP sampai guru SMA menjadi pembina aktif Pramuka,’’ ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah dari anggota Pramuka.

Terakhir lanjut Mashuri, memimpin Jambore Nasional tahun 1981 di Cibubur. Waktu itu keberadaan adik-adik Pramuka Merangin ini belum dirancang lahir ke bumi. Saat itu Pramuka-pramuka sejati yang berkiprah sampai tingkat internasional.

Lahirnya duta-duta Pramuka Merangin sampai ke Jambore Pramuka di Jepang saat itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin.

Pada acara pelepasan itu, bupati berpesan kepada seluruh anggota Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Merangin yang berangkat mengikuti Jambore di Jambi, untuk mensosialisasikan keberadaan Geopark Merangin pada Jambore yang diikut.

Sosialisasi Geopark Merangin itu lanjut bupati, baik saat mengikuti Jambore daerah, Jambore nasional maupun Jambore internasional. Pramuka berperan aktif terhadap Geopark Merangin.

‘’Kita beritahu ke teman-teman dari daerah lain tentang Geopark Merangin. Di daerah kita punya taman bumi berupa fosil yang tidak ada duanya. Pramuka harus bisa menguasai bahasa internasional untuk mempromisikan ini,’’ pinta Bupati.

Adik-adik Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Merangin pinta bupati lagi, harus bisa membaca situasi dan keadaan. Selain itu juga  harus bisa  menysuaikan diri di lingkungan dimana saat itu berada.

‘’Patuhi segala intruksi pendamping. Selamat jalan dan selamat berjuang mengharumkan nama baik Merangin di tingkat Provinsi Jambi. Pulanglah membawa prestasi yang membanggakan itu,’’ pesan Bupati.

(*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN