Satu Unit Motor dan TV Aset Pemdes Desa Benteng Rendah Mersam Raib Tanpa Penjelasan

Satu Unit Motor dan TV Aset Pemdes Desa Benteng Rendah Mersam Raib Tanpa Penjelasan


Inilah Jambi – Dua aset Pemerintah Desa (Pemdes) Benteng Rendah, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batang Hari diduga hilang tanpa ada penjelasan yang pasti. Hal ini dibenarkan Kades Herman, yang baru menjabat satu bulan lalu kepada Inilah Jambi di balai desa pada Kamis, (13/01).

“Saat serah terima aset milik Pemdes Benteng Rendah dari pejabat sementara (Pjs) kepada saya, ada dua aset yang tercatat yang saya terima tidak ada lagi bentuk fisiknya. Diantaranya satu set televisi 21 inc beserta mesin digital dan satu unit kendaraan dinas roda dua bermerek Honda Revo milik kades,” kata Herman.

Menurutnya, sampai kini belum jelas keterangan hilangnya dua barang tersebut bagai mana. Apakah tercatat berita kehilangannya kepada pihak aset pemerintah kabupaten, ataukah hanya sebatas hilang terucap saja.

“Saya tidak tahu pasti sampai saat ini hilangnya maksudnya bagaimana, apakah pihak Pjs Kades dan perangkat desa sudah melaporkan kehilangan tersebut secara langsung kepada pihak pemerintah bagian aset, ataukah hanya sebatas keterangan di file serah terima aset yang ditunjukan kepada saya saja dikatakann maksudnya hilang. Sebab sampai saat ini saya belum terima secara real semua aset tersebut secara lapangan sebelum datanya akurat sehingga file serah terima aset memang belum saya parafkan,” jelas kades.

Lanjut Kades, ia mengatakan pada file aset yang Sekdes berikan dan tunjukan kepada dirinya, keterangan aset televisi beserta mesin digital itu rusak namun bukannya hilang seperti pada file yang ia terima.

Namun menurut kades tersebut, dirinya mengira jika televisi dan mesinnya benaran rusak seharusnya barang tersebut tetap ada di balai Desa dan pada kenyataannya sampai saat ini barang itu tidak ada satupun di Kantor Desa, bahkan salah satu perangkat Desa menjelaskan kepada Herman kades kalau Televisi itu hilang sejak Dua bulan sebelum ia dilantik oleh Bupati Batang Hari.

“Pada file serah terima aset yang ada di saya, untuk TV dan Mesinnya keterangannya Rusak bukan hilang, namun kenyataannya di kantor Desa tidal ada barang itu sama sekali dan kendaraan operasional Dinas (Motor Revo) Kades itu sendiri katanya sudah hilang sejak tahun lalu, dan kehilangan itu terjadi di luar jam dinas, dimana kehilangan tersebut terjadi pada saat Pjs Kades sedang di kebunnya di sungai lais. Namun anehnya, kok bisa kehilangan motornya sekalian sama surat STNK nya ikut hilang, sehingga sampai saat ini saya selaku kades tidak punya kendara oprasional mau berangkat dar rumah ke Kantor dan ke acara dinas luar,”sambungnya.

Asnawi Selaku Pjs Kades Desa Benteng Rendah saat ingin dimintai keterangan dari aset pemdes yang tidak ada, sampai liputan ini dirilis belum ada sama sekali bisa ditemui dan tidak ada respon saat di telephone.

Ditempat terpisah, Said Saipul Hampa SH sebagai Camat Mersam, saat dikonfirmasi mcelalui via telephone genggamnya, mengatakan jika permasalahan aset desa itu baru diketahuinya saat Herman Kades definitif Desa Benteng Rendah menyampaikan kepada amat baru secara lisan.

“Ya, saya baru tadi malam (Jumat, 14/01), tahunya kalau ada aset Pemdes Benteng Rendah ada yang hilang terutama masalah motor dinas saat kades terpilih melaporkan kepada saya secara lisan,” papar Camat Mersam.

“Tetapi saya sampaikan kepada Kades tersebut agar kiranya bisa menyampaikan atau melaporkan permesalahan ini secara tertulis kepada saya selaku Camat agar laporan ini bisa segera ditanggapi dan selaku Pjs Kades, seharusnya inisiatif dan segera bertanggung jawab atas ketidak adaan aset tersebut, jika hilang untuk bisa buat laporan secara resmi kepihak berwajib dan seleaikan secara berita acara pula kepada pihak pemerintah Kabupaten terkhususnya bagian keasetan,” tutup Said Saipul.

Pewarta: Erpan

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN