Sat. Dec 14th, 2019

Ilustrasi Demo

Seratusan Orang Demo di Kantor ULP Muarojambi 

Sumber Jambiseru.com

Inilahjambi  – Kantor Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)  Kabupaten Muarojambi bakal didemo pada hari ini, Kamis 18 Juli 2019 pagi.

Ketua LSM Intelijen Pengawas Pengguna Anggaran Negara Republik Indonesia (IPPAN) RI, Muarojambi, Amirudin Bujang Pangka mengatakan, unjuk rasa dilakukan sebagai bentuk protes atas adanya dugaan pelanggaran terhadap prinsip pengadaan dan etika pengadaan pada UKPBJ Muarojambi.

Pelanggaran itu berupa dugaan persekongkolan dengan penyedia barang dan jasa untuk mengatur harga penawaran di luar prosedur pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

“Benar, kita akan melakukan aksi di Kantor ULP Muarojambi. Dugaan persekongkolan itu jelas merugikan orang lain. Karena tindakan itu sama saja mengurangi, menghambat, memperkecil dan atau meniadakan persaingan yang sehat,” bebernya, Rabu 17 Juli 2019.

Dikatakan Amirudin, dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa menerapkan prinsip efisiensi, efektif, transparan, terbuka, bersaing, Adil atau tidak diskriminatif dan akuntabel.

“Dalam aksi besok pagi, Kami akan menyuarakan agar pihak penegak hukum memeriksa proses tender yang ditangani ULP Muarojambi,” tegasnya.

Selain itu, IPPAN RI Kabupaten Muarojambi juga akan mendesak Bupati Muaro Jambi untuk menindak tegas oknum-oknum pegawai ULP Muarojambi yang melakukan pelanggaran. Sambungnya, termasuk akan  menuntut proses tender yang terindikasi adanya persekongkolan agar dibatalkan.

“Tender harus dibatalkan. Karena persekongkolan jelas bertentangan dengan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sanksinya sudah ditentukan pada Bab 12 Pasal 78, 79 dan 80,” sebut Amirudin.

BACA JUGA: Masyarakat Desak Bupati Sarolangun Copot Kades Simpang Bukit

Sementara, aksi demonstrasi ini direncanakan berlangsung pukul 09.00 WIB. Jumlah massa yang dilaporkan hadir dalam aksi ini sebanyak 75 – 100 orang. Pemberitahuan rencana aksi unjuk rasa itu juga sudah disampaikan kepada Polres Muarojambi.

“Surat pemberitahuannya sudah kita sampaikan ke Polres,” pungkasnya.

 

 

Sudah dibagikan