Siswa SMA Titian Teras Keracunan, Ritas: Ini Hoax Persaingan Bisnis Katering

Gerbang sekolah SMA Titian Teras Abdurrahman Sayoeti (Foto: Antara)

Gerbang sekolah SMA Titian Teras Abdurrahman Sayoeti (Foto: Antara)

Siswa SMA Titian Teras Keracunan, Ritas: Ini Hoax Persaingan Bisnis Katering


Inilah Jambi – Sejumlah siswa SMA Titian Teras Jambi (SMA Titian Teras Abdurahman Sayuti Provinsi Jambi) diberitakan mengalami keracunan akibat mengkonsumsi makanan dari katering sekolah, pekan lalu.

Informasi itu disampaikan oleh anggota DPRD Muarojambi, Sumarsen Purba dari Fraksi PDIP, Sabtu 29 Januari 2022, yang mengaku mendapat laporan dari orang tua siswa SMA TT.

Sumarsen menuding para siswa keracunan makanan karena tiba-tiba 60 siswa itu mengalami muntah-muntah pada hari yang sama setelah mengkonsumsi makanan katering SMA TT tersebut.

“Informasi yang saya dapatkan semua siswa itu sudah dibawa oleh orang tuanya masing-masing berobat ke rumah sakit. Karena klinik tidak mampu lagi tangani, jumlah pasien juga terlalu banyak,” kata Sumarsen Purba Sabtu 29 Januari 2022, dikutip tribunjambi.com.

Sumarsen juga menuding pihak sekolah menutup-nutupi kejadian tersebut. “Kita sebagai anggota DPRD Muarojambi sangat prihatin adanya kejadian seperti ini. Meskipun ini ranahnya Provinsi, namun banyak anak kita Muarojambi yang sekolah di sana, Kejadian ini sudah seminggu, diduga pihak sekolah juga tertutup informasi ini,” tudingnya.

Kepala SMA Titian Teras Jambi, Pahrin Wirnadian, mengatakan, informasi tersebut tidak benar.

Dijelaskannya sudah ada pemeriksaan dari Puskesmas Sungaiduren dan intel Polsek Pijoan ke poliklinik SMAN Titian Teras. “Berita tersebut hoax,” kata Pahrin Wirnadian kepada Inilah Jambi, Sabtu 29 Januari 2022.

Baca Juga: 

Sementara pemilik katering yang mensuplai makanan ke SMA Titian Teras, Ritas Mairiyanto, mengatakan, bahwa pemberitaan ini adalah persaingan bisnis katering di sekolah tersebut.

Menurut dia, informasi soal dugaan siswa keracunan makanan itu sengaja dihembuskan oleh Sumarsen Purba. Padahal faktanya, kata Ritas, tidak ada siswa yang mengalami keracunan masakan.

“Yang berhak menyampaikan informasi itu adalah para medis atau kepolisian setelah didapat hasil laboratorium terhadap pemeriksaan para siswa. Bukan Sumarsen Purba,” kata Ritas kepada Inilah Jambi, Sabtu 29 Januari 2022.

Baca Juga: 

Dia mengatakan, tudingan Sumarsen itu terkait persaingan bisnis katering yang menjurus fitnah ke SMA Titian Teras. Pihaknya diakui Ritas mendapatkan ‘proyek’ pengadaan makanan untuk siswa SMA Titian Teras tahun 2022 ini.

Sementara, lanjut Ritas, istri anggota DPRD Muarojambi Sumarsen Purba juga menghendaki proyek ini. Namun oleh pihak pengelola, perusahaan dia yang diberikan pekerjaan ini.

“Itukan fitnah. Yang mau kemarin itu istri anggota DPRD Muaro Jambi dari PDIP itu,” kata Ritas melalui sambungan telepon.

Pahrin Wirnadian yang dikonfirmasi membenarkan bahwa katering sekolah SMA Titian Teras dikelola oleh Ritas Mairiyanto sejak Januari 2022 ini.

“Jadi saat ini katering dikelola oleh komite sekolah dan dikerjakan oleh pihak ketiga. Saat ini setahu saya dikerjakan oleh Pak Ritas Mairiyanto. Baru berjalan 2 minggu ini,” ujarnya.

Sumarsen Purba belum dapat dikonfirmasi terkait tudingan persaingan bisnis ini. Inilah Jambi masih berusaha menghubungi yang bersangkutan.

Baca Juga: 

Seperti diketahui, bisnis katering di SMA Titian Teras Abdurachman Sayuti ini termasuk menggiurkan. Sebagai gambaran pada tahun 2018 lalu, saat biaya itu disuntik dari APBD Provinsi Jambi, putaran uang tender dalam bisnis ini mencapai Rp2,5 miliar.

Duit segitu dialokasikan untuk makan minum para siswa sebanyak tiga kali sehari; makan pagi, siang makan malam serta snack pagi dan malam.

Tahun 2020, nilai tendernya melejit hingga mencapai Rp5,3 miliar dan dimenangkan oleh PT Global Prima Bhakti. Tapi sayangnya, pengadaan makan minum siswa pada tahun itu dihentikan menyusul pandemi Covid 19. Namun pengadaan ini menimbulkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp300 juta.

(Nurul Fahmy)


 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN