Sri: Kerugian Akibat Covid 19 Setara Ekonomi Jerman dan Jepang

Sri: Kerugian Akibat Covid 19 Setara Ekonomi Jerman dan Jepang

Baca juga:

Inilah Jambi – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan bahwa kerugian ekonomi yang terjadi akibat wabah virus corona mencapai US$9 triliun sepanjang 2020-2021. Nominal itu dikatakannya setara ekonomi Jerman dan Jepang.

Menurut dia kerugian disebabkan terkontraksinya ekonomi dunia sangat dalam karena terbatasnya pergerakan manusia akibat wabah tersebut.
Akibatnya, arus keuangan perusahaan mengering, sehingga terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Akibat kontraksi ekonomi dunia dan berbagai kondisi sosial seperti PHK itu setara ekonomi Jerman dan Jepang jadi betapa dahsyatnya satu pandemi, dan begitu singkatnya kurang dari satu kuartal sudah menyapu ekonomi begitu cepat,” kata dia saat rapat kerja secara daring dengan Komisi XI DPR RI, Kamis, 30 April 2020.

Di negara-negara maju saja, kata dia, seperti Amerika Serikat, klaim pengangguran baru dalam waktu hanya 5 minggu bertambah hingga 26 juta orang. Itu juga diiringi anjloknya optimisme konsumen di negara tersebut yang ditunjukkan dari angka indeksnya 71,2 terendah sejak 2011.

Adapun data penjualan ritel pada Maret di negara tersebut mengalami anjlok hingga mencapai -6,2 persen, terdalam sejak 2009.

Itu juga terjadi di negara-negara kawasan Eropa, di mana penjualan ritel anjlok hingga -5,8 persen terendah dalam sejarahnya, sedangkan China mencapai 18,9 persen.

“Jadi dalam hal ini kita tidak ada yang mempertanyakan lagi apakah COVID-19 ini memiliki dampak yang dahsyat terhadap ekonomi dunia atau tidak, namun kita semua fokus untuk memitigasi dampak tersebut,” tuturnya.

 

Baca juga:

 

(*/)

HOT NEWS