Ssstt, Siswa Jambi Bikin Lotion Anti Nyamuk dari Biji Duku, Mau Jadi Agen?

Inilahjambi, JAKARTA – Sebanyak 69 calon pengusaha muda dari siswa-siswi setingkat SMA se-Indonesia berkompetisi memaparkan ide dan kreativitasnya menawarkan inovasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya dalam AHM Best Student 2016 di Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Astra Honda Motor ini menyaring siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.

Sebanyak 573 peserta dari 301 sekolah mengikuti seleksi tahun ini. Namun, terpilihlah 69 finalis yang telah memaparkan karya tulis bertema entrepreneur.

Dari Jambi lolos siswa dengan ajuan usaha lotion anti nyamuk yang dibuat dari biji duku. Sayangnya, panitia belum menyebutkan siapa nama siswa dan dari sekolah mana.

Karya mereka dinilai dari sisi keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Selain Jambi, ada ide siswa Bengkulu Selatan yang membuat tas dari limbah labu kayu sebagai cenderamata khas daerah.

Ada juga ide siswa Denpasar membuat Boreh Bali Aroma Terapi untuk mempopulerkan kembali pengobatan tradisional Bali.

Inspirasi wirausaha para peserta AHMBS juga muncul di bidang kuliner. Dari Makassar, muncul ide membuat es krim dari sayuran, dari Yogyakarta ada ide inovasi menu bakpia yang dibuat dari daun kelor, dari Semarang terdapat ide kreatif pembuatan kerupuk dari kulit mangga, dari Selat Panjang Riau lahir ide pembuatan mie sagu.

Selain itu, dari ranah teknologi pertanian dan peternakan juga muncul perhatian para siswa yang tercermin dalam ide pembuatan pupuk dari enceng gondok di Banjarbaru dan pupuk dari kulit kerang di Jakarta. Dari Payakumbuh muncul pula ide pembuatan biogas dari kotoran ayam.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, program AHM Best Student tahun ini diproyeksikan untuk mendorong lahirnya geerasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat buat sesama. Program ini diharapkan dapat mengeksplorasi ide wirausaha muda dengan segala inovasi dan keunikannya, sekaligus menjadi sarana saling bertukar dan memperkaya pengetahuan antarsiswa.

“Kami ingin membekali anak-anak pilihan ini dengan pengetahuan dan motivasi yang akan mendorong mereka untuk bermimpi dan menghasilkan ide dan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa. Alhamdulillah, tahun ini kami dapat menfasilitasi mereka untuk berdialog langsung dengan Pak Habibie (B.J. Habibie), salah satu putra terbaik bangsa yang sudah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa,” ujar Muhib di Jakarta, Minggu 7 Agustus 2016.

Untuk semakin memperkaya siswa untuk menjadi pengusaha yang mampu berkontribusi bagi sesama, AHM Best Student juga menggelar diskusi dengan M. Alfatih Timur. Kehadiran sociopreneur muda yang menjadi inspirasi penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat melalui program crowdfunding ini diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk menghasilkan karya yang bermanfaat muat bangsa

Kita tunggu saja suapa yang berhasil ya…

 

 
(Muhammad Ikhlas)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN