Sunatan Massal di RT 08 Talangbanjar, 29 Anak Diberi Bingkisan dan Duit 100 Ribu Perorang

Sunatan Massal di RT 08 Talangbanjar, 29 Anak Diberi Bingkisan dan Duit 100 Ribu Perorang


Inilah Jambi – Pengurus Masjid Nurussalam di RT 08 Kelurahan Talangbanjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi mengelar sunatan massal terhadap 29 orang anak laki-laki pada Minggu 27 Desember 2020.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan bakti sosial ke kepada warga sekitar.

Menariknya, anak-anak yang dikhitan diberikan bingkisan berupa lain sarung, baju koko, kopiah dan uang Rp 100 ribu.

Menurut Ketua Penyelenggara Sunatan Massal, yang juga Ketua RT 08, Sunarmanto, seluruh dana kegiatan berasal dari dana yang diwakafkan oleh warga dan donatur-donatur secara sukarela.

“Jadi kita buat kotak wakaf yang ada di masjid. Dimana kotak wakaf itu kita pisahkan dengan dana masjid. Agar tidak tercampur aduk. Nantinya dana dari kotak wakaf yang sudah terkumpul selama setahun kita gunakan untuk bakti sosial seperti sunatan massal dan berbagi santunan kepada anak yatim maupun warga yang terbilang kurang mampu. Dan itu rutin kita lakukan, tanpa menggangu dana masjid,” terang Sunarmanto.

Sunatan massal yang juga merupakan kegiatan rutinitas akhir tahun itu sudah diselenggarakan oleh pengurus Masjid Nurussalam sebanyak 7 kali sejak 2013 lalu.

Sunarmanto juga menjelaskan dalam kegiatan sunatan massal yang dilakukan ini sasarannya terhadap warga di sekitar lingkungan maupun warga yang masuk dalam kategori kurang mampu.

Meski kegiatan sunatan massal di tahun ke tujuh ini dilakukan di tengah pandemi Corona. Namun pengurus masjid tetap berupaya menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bahkan juga telah meminta izin sesuai prosedur yang ada.

“Karena kita tahu ini masih dalam kondisi pandemi Corona, namun tetap kita berupaya menyelenggarakannya. Karena ini adalah kegiatan rutinitas ibadah yang sudah dilakukan sejak dulu. Kita melakukan kegiatan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lalu juga sudah kita minta izin gugus tugas nya untuk dapat menyelenggarakan acara, meski peserta nya kita batasi,” ujar Ketua RT 08 itu.

Selaku Ketua RT 08 yang sudah menerima penghargaan atas prestasinya menjadikan kampung Bantar. Sunarmanto juga aktif dalam melakukan kegiatan sosial terutama dalam menyelengarakan sunatan massal ini.

Meski kegiatan sunatan massal itu dilakukan dengan cara kerjasama namun tak lepas dari ide dan izin Sunarmanto selaku Ketua RT disana.

Sejauh ini, kegiatan sunatan massal ini dapat berjalan lancar. Bahkan nantinya pihak pengurus masjid dan Sunarmanto selaku Ketua RT akan melakukan kerjasama dengan pihak Baznas Kota Jambi agar nantinya kegiatan sunatan massal ini bisa diselenggarakan lagi ditahun kedepan dengan peserta yang lebih banyak dari tahun sekarang.

“Insyaallah jika itu nantinya terjalankan dan proposal itu diterima, kita berharap kegiatan sunatan massal ini bisa berlangsung lebih ramai lagi pesertanya. Pastinya jika ditahun depan bebas dari pandemi Corona, insyaallah,” ujarnya.

Sunat massal ini juga dilakukan oleh dokter berpengalaman dan 3 perawat serta 1 mantri.

Baca juga:

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Pemerintahan dari Kelurahan Talangbanjar, LPM, Lembaga Adat Melayu dan Forum RT.

Sunarmanto berharap kedepannya kegiatan bakti sosial ini supaya lebih banyak dari tahun ini. Ia pun mengimbau kepada yang mau berdonasi untuk kegiatan sosial ini dapat menghubungi pengurus masjid NurusSalam di RT 08 Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi.

“Mari yang ingin berdonasi sumbangkan donasinya untuk kegiatan-kegiatan sosial kita akan lakukan ini rutin setiap tahunnya. Insyallah berjalan baik,” tutup Sunarmanto.

 

***

Bagikan

Tinggalkan Balasan

HOT NEWS