Tengah Atraksi, Maestro Tradisi Jambi Iskandar Zakaria Mendadak Dilarikan Ke ICU RS DKT

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Tengah Atraksi, Maestro Tradisi Jambi Iskandar Zakaria Mendadak Dilarikan Ke ICU RS DKT


Inilah Jambi – Maestro seni tradisi Jambi Iskandar Zakaria, mendadak dilarikan ke Rumah Sakit Bratanata (DKT) Kota Jambi, pada Sabtu 21 Mei 2016, akibat tersedak saat mentas dalam rangka kegiatan Wonderful Indonesia di Kawasan Candi Muaro Jambi.

Iskandar Zakaria dilaporkan tersedak akibat tidak sengaja menelan minyak tanah saat menampilkan tari Marcok bersama tim kesenian dari Kerinci.

Menurut putri Iskandar Zakaria, Gustiza, saat itu ayahnya bersama kelompok kesenian dari Kerinci sedang mentas atas undangan panitia di Muaro Jambi. Ketika hendak menyemburkan minyak tanah dari mulutnya, tiba-tiba tersedak dan sebagian minyak tanah dalam mulutnya terminum.

“Kata dokter minyak tanah sampai masuk ke paru-paru Bapak. Di lokasi sempat diberi pertolongan oleh tim medis panitia. Karena respon bapak yang semakin melemah, maka segera dilarikan ke Rumah Sakit Bratanata, dan dimasukkan ke ICU,” kata Gustiza, Sabtu, kepada inilahjambi di RS Bratanata.

Saat ini, lanjut Gustiza, kondisi Iskandar Zakaria sudah membaik. Kata dokter, lanjut Gustiza, jika kondisi maestro ini semakin baik, maka pagi minggu sudah dapat dikeluarkan dari ICU.

Diakui Gustiza, meski sering melakukan atraksi kesenian dengan tingkat yang berbahaya (ekstrem), namun baru kali ini Iskandar Zakaria mengalami kejadian yang fatal, sehingga keluraga sempat syok mendapati kejadian seperti itu.

Baca juga:

“Kami sempat syok juga. Sebab selama ini bapak tidak pernah mengalami kecelakaan seperti ini. Tapi syukurlah sekarang kondisinya sudah baik.

Budayawan Jambi, Nukman, membenarkan informasi tersebut. Menurut dia, informasi beredar pada sore, sekitar pukul 16.00 WIB dari pesan di Whatsapp.

“Sekitar pukul 16.00 saya dapat pesan di WA, bahwa Pak Is (Iskandar Zakaria), masuk ICU di DKT. Kami sudah melihat ke sana,” kata Nukman.

Dikatakan Nukman, Pak Is yang berusia sekitar 75 tahun memang masih aktif berkesenian. Dia bahkan masih tetap bersemangat melakukan atraksi-atraksi kesenian yang kadang cukup berbahaya. Seperti bergulingan di atas pecahan kaca (beling), bermain api dan sebagainya.

Iskandar Zakaria, dikatakan Nukman, adalah maestro seni tradisi pertama yang berasal dari Jambi. Status maestro Iskandar Zakaria diberikan oleh pemerintah pada tahun 2012.

“Pak Is maestro seni tradisi pertama dari Jambi. Smeoga beliau cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali,” pungkas Nukman.

 

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN